• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    P EN G EM BA N G A N P ER A N G K A T P EM BELA JA R A N M A TEM A T I K A M O D EL S T U D EN T FACI L I T AT O R AN D EXP L AI N I N G (S F A E) S ET T I N G CO N T EXT U AL T EACH I N G AN D L EARN I N G (C TL) P A D A S U B P O K O K BA H A S A N P R I S M A D A N LI M A S K ELA S V I I I S EM ES TE R G E N A P

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (308)x_1.pdf (600.2Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    S U P R I Y O N O
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya, banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Selama ini pembelajaran matematika lebih enderung menggunakan konsep pembelajaran terpusat pada guru. Guru biasanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas. Hal ini mengakibatkan iswa kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang dijelaskan guru. Seharusnya perlu dipikirkan cara-cara penyajian dan suasana pembelajaran matematika yang memungkinkan siswa mudah memahami serta merasa senang belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengakrabkan matematika dengan kehidupan nyata. Dengan kata lain, dalam pembelajaran guru perlu mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, maka akan dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) settting Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Selain itu, untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jember. Uji coba di l a ks a na k a n pa da s e m e s t e r g e na p t a hun a j a ra n 2012/ 2013. U j i c ob a i ni d i l a ks a n a k a n pa da 23 , 24, da n 29 M e i 2013.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23152
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository