P EN G EM BA N G A N P ER A N G K A T P EM BELA JA R A N M A TEM A T I K A M O D EL S T U D EN T FACI L I T AT O R AN D EXP L AI N I N G (S F A E) S ET T I N G CO N T EXT U AL T EACH I N G AN D L EARN I N G (C TL) P A D A S U B P O K O K BA H A S A N P R I S M A D A N LI M A S K ELA S V I I I S EM ES TE R G E N A P
Abstract
Pada umumnya, banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah
mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Selama ini pembelajaran matematika lebih
enderung menggunakan konsep pembelajaran terpusat pada guru. Guru biasanya
menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas. Hal ini mengakibatkan
iswa kurang aktif dan hanya mendengarkan apa yang dijelaskan guru. Seharusnya
perlu dipikirkan cara-cara penyajian dan suasana pembelajaran matematika yang
memungkinkan siswa mudah memahami serta merasa senang belajar matematika.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengakrabkan matematika dengan
kehidupan nyata. Dengan kata lain, dalam pembelajaran guru perlu mengaitkan
konsep-konsep matematika dengan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hal tersebut, maka akan dilakukan penelitian pengembangan perangkat
pembelajaran matematika dengan menggunakan model Student Facilitator And
Explaining (SFAE) settting Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Kelas
VIII.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan
perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok
bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Selain itu, untuk mengetahui
hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL
pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Subjek uji coba
pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jember. Uji coba
di
l
a
ks
a
na
k
a
n
pa
da
s
e
m
e
s
t
e
r
g
e
na
p
t
a
hun
a
j
a
ra
n
2012/
2013.
U
j
i
c
ob
a
i
ni
d
i
l
a
ks
a
n
a
k
a
n
pa
da
23
, 24, da
n 29 M
e
i
2013.