Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Perbandingan dan Skala Dengan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VI SDN 1 Sumbertengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2010/2011
Abstract
Pembelajaran matematika sekolah harus mengupayakan agar siswa dapat
(1) membangun pengetahuan matematika melalui pemecahan masalah, (2)
memecahkan masalah yang muncul dalam konteks matematika dan konteks yang
lain, (3) mengaplikasikan dan mengadaptasi berbagai strategi yang sesuai untuk
memecahkan masalah, dan (4) memonitor dan merefleksi proses-proses
pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala dengan
menggunakan metode problem solving pada siswa kelas VI SD Negeri 1
Sumbertengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo yang berjumlah 25
orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa
perempuan. Berdasarkan siklus 1.1data menunjukkan bahwa 80% dari banyak
siswa mendapat nilai di bawah KKM.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua
siklus. Dalam setiap siklus meliputi tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan tes tertulis.
Hasil penelitian pada siklus 1 setelah menerapan metode problem solving
pembelajaran menjadi efektif, akan tetapi belum memuaskan, begitu juga hasil
belajar siswa rata-rata persentase meningkat 84% dari pembelajaran sebelumnya.
Pada siklus 2 pembelajaran menjadi lebih efektif dan memuaskan. Hampir seluruh
siswa terampil dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita tentang skala, ini
dibuktikan dengan kenaikan persentase nilai rata-rata yaitu 96 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode problem solving
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan metode problem solving dapat
menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk
mengungkapkan ide-ide perencanaan dan pelaksanaan rencana dalam
menyelesaikan soal cerita