• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Perbandingan dan Skala Dengan Metode Problem Solving pada Siswa Kelas VI SDN 1 Sumbertengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    ruwaidanim_1.pdf (324.4Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    RUWAIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika sekolah harus mengupayakan agar siswa dapat (1) membangun pengetahuan matematika melalui pemecahan masalah, (2) memecahkan masalah yang muncul dalam konteks matematika dan konteks yang lain, (3) mengaplikasikan dan mengadaptasi berbagai strategi yang sesuai untuk memecahkan masalah, dan (4) memonitor dan merefleksi proses-proses pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sumbertengah Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Berdasarkan siklus 1.1data menunjukkan bahwa 80% dari banyak siswa mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Dalam setiap siklus meliputi tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan tes tertulis. Hasil penelitian pada siklus 1 setelah menerapan metode problem solving pembelajaran menjadi efektif, akan tetapi belum memuaskan, begitu juga hasil belajar siswa rata-rata persentase meningkat 84% dari pembelajaran sebelumnya. Pada siklus 2 pembelajaran menjadi lebih efektif dan memuaskan. Hampir seluruh siswa terampil dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita tentang skala, ini dibuktikan dengan kenaikan persentase nilai rata-rata yaitu 96 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan metode problem solving dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk mengungkapkan ide-ide perencanaan dan pelaksanaan rencana dalam menyelesaikan soal cerita
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23138
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository