STRATEGI BAURAN PROMOSI HOTEL SIDO MUNCUL 2 KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Kepariwisataan mempunyai peranan penting untuk memperluas serta memeratakan kesempatan usaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, dan memperbesar pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Perkembangan pariwisata bisa dilihat dari meningkatnya jumlah wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang menginap di hotel, oleh karena itu penelitian ini mengambil objek pada Hotel Sido Muncul 2 Kabupaten Situbondo. Peneliti mengambil objek pada Hotel Sido Muncul 2 karena Hotel Sido Muncul 2 merupakan hotel pengembangan dari Hotel Sido Muncul 1 yang merupakan binaan dari Perusahaan Daerah Pasir Putih. Hotel Sido Muncul 2 melakukan keempat elemen
bauran promosi yaitu advertising, personal selling, public relations dan sales promotion. Keempat elemen tersebut digunakan oleh Hotel Sido Muncul 2 secara berkala sesuai dengan kebutuhan dari Hotel Sido Muncul 2. Penggunaan keempat elemen tersebut dilakukan bersama sama pada saat awal pengembangan hotel. Kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Hotel Sido Muncul 2adalah dengan adanya iklan di koran yang dalam hal ini disebut iklan kolom baris. Hal tersebut dapat dilihat dalam sponsorship
kegiatan tahun baru. Biasanya pihak manajemen memasang iklan pada koran dan radio mengenai adanya diskonspesial tahun baru.