• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PENERAPAN METOD E TUTOR S EBAYA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN Ambulu Semester Genap Tahun pada Mata Pelajaran Akuntansi Sub Kompetensi Dasar Jurnal (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X I IPS 3 SMAN Ambul u Semester Genap Tahun 2011/2012 pada Mata P Penyesuaian) UNTUK MENINGKATKAN (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN Ambulu Semester Genap Tahun n Akuntansi Sub Kompetensi Dasar Jurnal

    Thumbnail
    View/Open
    rusdianasu_1.pdf (339.7Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    RUSDIANA SUSILOWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Minat belajar siswa dalam pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri Ambulu masih cukup rendah. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi dari rendah menjadi tinggi. Metode Tutor Sebaya merupakan metode pembelajaran yang dilakukan oleh siswa untuk membimbing siswa yang lain. Tutor adalah siswa yang ditunjuk atau ditugaskan untuk membantu teman yang mengalami kesulitan belajar kerena hubungan antara guru dan siswa. Metode tutor sebaya diterapkan oleh guru supaya dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menggairahkan dan mendorong siswa untuk memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian metode tutor sebaya dapat dijadikan sebagai salah satu variasi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Ambulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran Akuntansi Sub Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Ambulu. pada siklus I, minat belajar siswa kelas XI IPS 3 sebesar 2,93 termasuk pada kategori Rendah.. Pada siklus II, minat belajar siswa meningkat menjadi 3,29 dan mencapai kategori Tinggi,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23131
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository