• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    rusdiantol_1.pdf (432.2Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Rusdianto La Nunu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar .siswa disebabkan oleh beberapa hal yaitu : 1. Metode pembelajaran yang diterapkan disekolah yang masih berpusat pada guru dan siswa menjadi pendengar pasif. 2. Pengunaan alat peraga /media jarang sekali digunakan dalam proses pembelajran. 3. Dalam praktek pembelajaran kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Beberapa faktor di atas merupakan penyebab rendahnya pemahaman siswa dalam menguasai konsep IPS karena dirasakan oleh siswa sangat sulit atau susah untuk dipahami dan akhirnya dari hal tersebut akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran yang menggunakan metode bermain peran Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode bermain peran playing Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahsan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun saran yang diajukan peneliti dalam penelitian ini yaitu bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar hendaknya bisa menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih aktif dalam belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal, bagi lembaga pendidikan adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna dan sekaligus bisa dijadikan sebagai umpan balik bagi pengambilan kebijaksanaan yang diambil dalam rangka peningkatan mutu beslajar mengajar dimasa mendatang dan untuk penlitian selanjutnya agar lebih mengembangakan penelitian dengan menggunakan metode bermain peran pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang lebih luas dan dalam jangka waktu yang lama
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23130
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository