PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar
.siswa disebabkan oleh beberapa hal yaitu :
1. Metode pembelajaran yang diterapkan disekolah yang masih berpusat pada guru
dan siswa menjadi pendengar pasif.
2. Pengunaan alat peraga /media jarang sekali digunakan dalam proses pembelajran.
3. Dalam praktek pembelajaran kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan
siswa.
Beberapa faktor di atas merupakan penyebab rendahnya pemahaman siswa
dalam menguasai konsep IPS karena dirasakan oleh siswa sangat sulit atau susah
untuk dipahami dan akhirnya dari hal tersebut akan berdampak pada rendahnya hasil
belajar siswa. Pembelajaran yang menggunakan metode bermain peran
Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode bermain peran
playing
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok
bahsan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun saran yang diajukan peneliti
dalam penelitian ini yaitu bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan proses
belajar mengajar hendaknya bisa menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar
siswa lebih aktif dalam belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal, bagi
lembaga pendidikan adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna dan
sekaligus bisa dijadikan sebagai umpan balik bagi pengambilan kebijaksanaan yang
diambil dalam rangka peningkatan mutu beslajar mengajar dimasa mendatang dan
untuk penlitian selanjutnya agar lebih mengembangakan penelitian dengan
menggunakan metode bermain peran pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang
lebih luas dan dalam jangka waktu yang lama