Show simple item record

dc.contributor.authorRUMIYATI
dc.date.accessioned2014-01-24T03:05:50Z
dc.date.available2014-01-24T03:05:50Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210204243
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23129
dc.description.abstractMenulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Menulis merupakan media untuk berkomunikasi seseorang kepada orang lain. Menulis dapat melatih siswa untuk berfikir kritis dan logis, serta dapat mengungkapkan perasaan, ide, dan gagasan. Dalam kurikulum 2006 ditegaskan bahwa salah satu standar kompetensi yang harus dimiliki siswa kelas III semester 2 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. Adapun kompetensi dasar yang harus dicapai adalah menulis puisi berdasarkan gambar dengan memperhatikan pilihan kata yang menarik. Pengajaran menulis puisi diberikan kepada siswa Sekolah Dasar sebagai langkah awal dari pengenalan karya sastra, sehingga ruang lingkup pengajarannya masih sederhana. Meskipun demikian, pembelajaran menulis puisi memberikan kesempatan pada siswa untuk berkarya seluas-luasnya dan menambah kosa kata baru dan juga dengan diberikannya pembelajaran menulis puisi di Sekolah Dasar diharapkan kepekaan perasaan, kejiwaan, pikiran, dan indera siswa dapat lebih terasah dan berkembang. Hasil observasi menunjukkan kurangnya kemampuan siswa kelas III SD Negeri Bintoro 04 Patrang Jember dalam menulis puisi. Hal ini disebabkan mayoritas siswa kelas III SD Negeri Bintoro 04 Patrang Jember berbahasa Madura sehingga untuk berbahasa Indonesia mereka perlu banyak latihan. Hal ini berpengaruh pula pada pembelajaran menulis puisi siswa mengalami kesulitan dalam memilih kata-kata dan merangkainya. Selain itu siswa SD Negeri Bintoro 04 Patrang Jember kurang ix bisa mengimajinasikan pikiran mereka dalam bentuk puisi karena guru tidak mengunakan media pembelajaran pada saat mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diberikan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media pembelajaran yaitu melalui media gambar untuk mengatasi masalah tersebut. Selain menggunakan media gambar, guru menggunakan kata bantu untuk mempermudah para siswa dalam menulis puisi, terutama siswa yang belum lancar berbahasa Indonesia. Hal ini dilakukan agar para siswa dapat menemukan kata-kata dan merangkainya. Gambar yang digunakan guru sebagai media disertai kata bantu dijabarkan menjadi baris-baris puisi sehingga terbentuk puisi yang utuh. Penelitian dilakukan dengan membatasi masalah yaitu bagaimanakah proses peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan media gambar dan kata bantu pada siswa kelas III SDN Bintoro 04 Jember dan bagaimanakah kemampuan siswa kelas III SDN Bintoro 04 Jember dalam menulis puisi setelah menggunakan media gambar dan kata bantu. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara meningkatkan pembelajaran dengan media gambar dan kata bantu untuk peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas III SDN Bintoro 04 Jember dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas III SDN Bintoro 04 Jember dalam menulis puisi setelah menggunakan media gambar dan kata bantu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil observasi, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, dan hasil evaluasi siswa. Hasil observasi aktivitas guru digunakan untuk mengetahui apakah jalannya pembelajaran telah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dirancang. Hasil observasi aktivitas siswa digunakan untuk mengetahui apakah siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Hasil wawancara digunakan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami guru dalam memberikan materi menulis puisi, serta respon siswa dan guru terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar dan kata bantu. Hasil catatan lapangan digunakan untuk mendapatkan informasi berupa x kegiatan-kegiatan yang tidak terangkum dalam pedoman observasi yang telah dibuat oleh peneliti. Hasil evaluasi siswa digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar dan kata bantu. Data-data tersebut dianalisis menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah hasil wawancara dan hasil catatan lapangan. Data yang dianalisis secara kuantitatif adalah hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan hasil tes evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media gambar dan kata bantu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Cara guru dalam menggunakan media gambar dan kata bantu dalam pembelajaran menulis puisi antara lain memberikan penjelasan tentang gambar yang sesuai dan kata bantu, memberikan latihan-latihan menulis puisi, dan memberikan bimbingan secara individu pada saat siswa mengerjakan tugas. Peningkatan kemampuan siswa tesebut dapat dilihat dari perbandingan hasil evaluasi siswa dari prasiklus hingga siklus II. Pada prasiklus persentase ketuntasan mencapai 27%, siklus I persentase ketuntasan mencapai 50%, siklus II persentase ketuntasan mencapai 97%. Saran-saran yang dapat diberikan: (1) guru, dalam memberikan materi menulis puisi diharapkan menggunakan media pembelajaran salah satunya menggunakan media gambar dan kata bantu, (2) siswa, hendaknya dalam proses pembelajaran lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif agar pengetahuan bertambah banyak, (3) peneliti lain, dapat dijadikan sebagai perbaikkan untuk penelitian lebih lanjut sehingga kekurangan dalam penelitian ini dapat teratasi dalam hal teknik-teknik penguasaan diksi dan rima.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204243;
dc.subjectPeningkatan Kemampuanen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III SDN BINTORO 04 PATRANG JEMBER MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KATA BANTUen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record