PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA POKOK BAHASAN KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA DI SDN I TAMAN KECAMATAN SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pad mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman
kenampakan alam Indonesia di SDN I Taman di sebabkan oleh beberapa faktor antara
lain guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran, kurang menariknya
pelajaran IPS, jumlah siswa yang berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan
sedang lebih sedikit dari siswa yang memiliki kemampuan rendah serta kurangnya
tangung jawab siswa atas prestasi belajarnya sendiri. Berdasarkan realita tersebut
peneliti bersama–sama dengan guru sepakat mencari solusi yang terbaik untuk
mengatasi masalah yang ada berupa penerapan model pembelajaran lain yang lebih
mengutamakan keaktifan, tanggung jawab dan kerjasama antar siswa serta
menggunakan media pembelajaran sehingga dapat menarik minat serta perhatian siswa.
Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
dengan menggunakan media peta. Penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan
dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada pokok bahasan keragaman
kenampakan alam Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dan media peta di SDN I Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten
Situbondo tahun ajaran 2011 / 2012?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa kelas V pada pokok bahasan keragaman kenampakan alam Indonesia dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan media peta. Pengambilan
data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN I Taman kecamatan Sumbermalang
dimulai tanggal 19 September 2011 sampai tanggal 7 November 2011. Desain yang
diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan
dengan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang telah dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data kualitaif dan kuantitatif, data yang di analisis adalah
aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menggunakan model kooperatif tipe jigsaw
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Taman pokok
bahasan Keanekaragaman Kenampakan Alam Indonesia melalui Model Kooperatif tipe
Jigsaw dengan menggunakan Media. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya
peningkatam aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa pada siklus I
sebesar 69,3 % sedangkan pada siklus II sebesar 81,1 % sehingga mengalami
peningkatan sebesar 8,18 %. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I
secara klasikal sebesar 45% (tidak tuntas), sedangkan pada siklus II sebesar 75%
(tuntas).
Saran dari penelitian ini adalah bagi guru hasil penelitian dapat digunakan
sebagai bahan pertimbangan dalam memilih metode pembelajaran inovatif sebagai
variasi dalam mengajar IPS di SD. Bagi sekolah, , hasil penelitian ini diharapkan dapat
digunakan sebagai alternatif metode pengajaran IPS yang efektif untuk meningkatkan
mutu pendidikan. Bagi siswa, memberikan pengetahuan kepada siswa bahwa dalam
mempelajari IPS ada banyak cara yang dapat digunakan. Misalnya dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan menggunakan media peta yang dapat
membantu siswa untuk lebih memahami konsep IPS. Bagi peneliti hasil penelitian ini
diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan penelitian
lebih lanjut