Implementasi Progam Kemitraan Sebagai Wujud Corporate Social Responsibility (CSR) PT.Telkom Kadantel Jember (Study Deskriptif Proses Pelaksanaan Progam Kemitraan Pada UKM Industri Kecil di Jember)
Abstract
Telah cukup banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi masalah
kemiskinan tersebut. Paling tidak dalam beberapa tahun terakhir ini dapat diketahui beberapa
program kebijakan pemerintah terkait dengan hal tersebut di atas. Beberapa contoh program
tersebut diantaranya adalah program beras untuk keluarga miskin (raskin) dalam bidang pangan,
asuransi kesehatan keluarga miskin (askeskin) dalam bidang kesehatan, bantuan langsung tunai
(BLT), serta pengembangan Usaha Kecil Menengah dalam bidang ekonomi. Salah satu Progam
BLT yang diberikan pada masyarakat miskin dilaksanakan pada akhir tahun 2008 memberikan
bantuan langsung tunai pada masyarakat miskin tanpa syarat. Progam penguatan Usaha kecil dan
Menengah (UKM) saat ini tengah marak dilakukan karena penguatan usaha kecil dan sektor
informal menjadi salah satu fokus dalam upaya kemiskinan. Usaha kecil dan menengah (UKM)
mempunyai peran yang cukup besar dalam pembangunan ekonomi nasional, hal ini terlihat dari
kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang terus meningkat setiap
tahunnya. Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang cukup besar dalam
pembangunan ekonomi nasional, hal ini terlihat dari kontribusinya terhadap produk domestik
bruto (PDB) Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya.
Pelaksanaan CSR atau corporate social Responsibility, sudah diatur dalam UU
Nomar 40 Tahun 2007 tentang Perseroaan Tebatas dan Menurut undang-undang NO.19 Tahun
2003 yang merupkan ketentuan perundangan mengenai BUMN dikenal dua bentuk Badan Usaha
Milik Negara yaitu perusahaan Perseroaan (Persero) dan perusahaan umum (perum). Dalam
prateknya PT.Telkom adalah salah satu BUMN yang menjalankan Tanggungjawab social
Perusahaan (CSR) yang diterapkan dalam progam Kemitraan. Progam kemitraan adalah progam
yang bertujuan menciptakan kemandirian kepada usaha kecil. Salah satu UKM yang dibina
adalah Industri kecil. Dalam pelaksanaannya progam kemitraan tersebut banyak mitra binaan
PT.Telkom khususnya UKM industri kecil yang mengalami peningkatan usaha. Dengan adanya progam corpotrate soscial responsibility atau tanggungjawab
perusahaan yang menjalankan penguatan usaha kecil dan menengah, maka bisa meningkatkan
para UKMsalah satu perusahaan yang menjalankan tanggungjawab sosial perusahaan adalah
PT.Telkom yang diterapkan dalam progam kemitraan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
Bagaimana pelaksanaan program kemitraan PT. Telkom kadantel Jember dalam pengembangan
usaha kecil dan menengah (UKM). fokus penelitan ini terletak padat tahap assament. Tahapan
perencanaan pengembangan usaha,tahapan pelaksanaan pengembangan usaha,serta hasil
peningkatan usaha dari mitra binaan dari mitra binaan PT.Telkom. informan dalam peneltian ini
4 informan pokok dari dari staff dan karyawan CD Sub Jember serta 3 informan dari ukm
industri kecil.sedangkan informan tambahannya adalah 2 orang dari pemberi materi pelatihan
kepada mitra binaan.Penelitian ini terhitung dari bulan November 2009 sampai februari 2010.
Lokasi penelitian adalah PT.Telkom Kadantel Jember. Sedangkan untuk menentukan informan
digunakan teknik purposive. Pengumpulan data yang digunkan adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Progam yang dijalankan oleh PT.Telkom Kadantel Jmber dibawah naungan
CD Sub area Jember, menggunkan konsep dari community Development. Dimana community
development adalah kajian dari Ilmu kesejahteraan sosial yang berupaya untuk meningkatan taraf
hidup masyarakat melalui pendayagunaan dan penekanan pada sumber yang ada pada diri
mereka.
Fokus penelitan ini terletak padat tahap assament, assament disini meliputi pengajuan
proposal, pengisian formulir serta survey kepada calon mitra binaan PT.Telkom. Tahapan
perencanaan pengembangan usaha,tahapan pelaksanaan pengembangan usaha meliputi
sosialisasi, pencairan bantuan, pelatihan terhadap mitra UKM hinga pada evalusi,serta hasil
peningkatan usaha dari mitra binaan dari mitra binaan PT.Telkom.
Dalam menjalankan progam Kemitraan ini di badi dalam 4 triwulan. Dalam penelitian
ini lebih ditekankan pada triwulan II tahun 2009. Obyek dari pelaksanaan progam Kemitraan
pada PT.Telkom ada 4 bidang usaha UKM (Perdagangan, peternakan, industri kecil dan jasa).
Sedangkan yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah Industri kecil. Pelaksanaan progam
Kemitraan PT Telkom dibawahi oleh devisi Community Development Centre (CDC). Dimulai
dari tahapan assesment yang dilakukan oleh pihak Telkom kepada calon Mitra Binaan.