dc.description.abstract | Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis variabel variabel yang
mempengaruhi keputusan, kepuasan, dan loyalitas konsumen dalam pembelian produk
Industri Hilir Kopi Bubuk PTPN XII (Persero).
Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Jember dan metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dengan responden penelitian adalah pekerja PNS, ABRI,
Wiraswasta, Swasta dan ibu rumah tangga konsumen Kopi Bubuk PTPN XII (Persero)
berjumlah 250 responden, yang dipilih berdasarkan teknik accidental sampling. Instrumen
yang digunakan adalah kuisioner.
Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis SEM (Structural Equation
Modeling) dengan menggunakan program Amos 4.10. pengujian hipotesis alat statistik
inferensial pada derajat ketelitian α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan :
1. Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai
standartdize sebesar 0,287, produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen dengan nilai standartdize sebesar 0,263, harga berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan konsumen dengan nilai standartdize sebesar 0,238, harga
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai standartdize
sebesar 0,216, distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen
dengan nilai standartdize sebesar 0,286, distribusi tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan konsumen dengan nilai standartdize sebesar 0,194, promosi
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dengan nilai standartdize
sebesar 0,738, promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen
dengan nilai standartdize sebesar 0,555, keputusan konsumen tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai standartdize sebesar 0,055,
keputusan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas dengan nilai
standartdize sebesar 0,413, dan kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan
terhadap loyalitas dengan nilai standartdize sebesar 0,323 pada pembelian produk
Industri Hilir Kopi Bubuk PTPN XII (Persero).
2. Dari hasil pengujian pengaruh langsung, tidak langsung, dan pengaruh total
memberikan sebuah gambaran tentang variabel yang mempunyai pengaruh langsung
terbesar terhadap keputusan konsumen yaitu promosi ( 0,738 ), pengaruh langsung
terbesar terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel promosi ( 0,555 ), dan pengaruh
langsung terbesar terhadap loyalitas adalah variabel keputusan konsumen ( 0,413 ).
3. Berdasarkan kedua kesimpulan tersebut, yang dibuktikan baik secara kualitatif maupun
kuantitatif dapat disampaikan bahwa produk, harga, distribusi, promosi, keputusan dan
kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedang faktor yang paling
dominan adalah promosi. | en_US |