dc.description.abstract | Pembangunan karakter bangsa (the nation character building) tidak akan
terlepas dari ”pendidikan”, karena pendidikan merupakan suatu tolok ukur kemajuan
suatu bangsa dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, politik, science atau
teknologi. Selain itu, pendidikan dapat membangun kepribadian suatu bangsa yang
intelek serta mampu bersaing di era globalisasi. Keberhasilan dunia ”pendidikan”
dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan individu maupun karakter
bangsa.
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional hendaknya siswa dan guru
bekerjasama. Dalam suatu interaksi belajar mengajar, guru memberikan informasi
tentang sasaran belajar. Sedangkan bagi siswa, sasaran belajar tersebut merupakan
tujuan belajarnya. Belajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna
atau pemahaman terhadap suatu konsep, sehingga dalam proses pembelajaran siswa
merupakan sentral kegiatan atau tokoh utama, sedangkan guru hanya membantu
menciptakan suasana yang dapat mendorong timbulnya motivasi belajar pada siswa.
Akan tetapi, rendahnya daya tarik terhadap pelajaran IPS menyebabkan siswa
menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
multimedia (CD Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas V SD Negeri 2 Karangsari Sempu pada pokok bahasan jenis-jenis usaha dan
kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010?
x
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multimedia (CD
Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2
Karangsari Sempu pada pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010.
Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V semester ganjil di SD
Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009/2010. Desain dari penelitian ini
adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap
siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data
dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari kegiatan observasi dan aspek
kognitif dan afektif baik dari guru maupun siswa. Hasil analisis data menunjukkan
pada siklus I dengan penggunaan media peraga (CD Interaktif) meningkat 10%
dibanding dengan model pembelajaran sebelumnya atau konvensional. Sedangkan
pada siklus II keefektifan hasil belajar IPS dengan penggunaan media peraga (CD
Interaktif) meningkat 19% dibanding model pembelajaran sebelumnya atau
konvensional.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media peraga (CD
Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada
“pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia” pada siswa
kelas V semester ganjil di SD Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009-2010. | en_US |