Show simple item record

dc.contributor.authorSilvia Agustin
dc.date.accessioned2014-01-24T01:56:57Z
dc.date.available2014-01-24T01:56:57Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210301037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23081
dc.description.abstractAktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan pihak sekolah. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa. Salah satu metode yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus pemahaman siswa adalah metode diskusi kelompok kecil dengan media word square. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sekaligus pemahaman siswa hingga mencapai standar yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu a) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square? b) bagaimanakah peningkatan pemahaman siswa dengan diterapkan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square ?. Tujuan penelitian yaitu a) untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan diterapkan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square b) untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan diterapkan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, wawancara dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-4 di SMA Negeri Rambipuji. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dengan media word square dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa pada ranah kognitif yang berupa nilai ulangan harian pada mata pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar siswa kelas X-4 SMA Negeri Rambipuji. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas X-4 tergolong Sedang mencapai 59,87 %. Secara individu nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 75,08 yang berarti sudah memenuhi standar yang ditetapkan sekolah. Secara klasikal, nilai ulangan harian siswa juga sudah memenuhi standar yang ditetapkan sekolah mencapai 70,58%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Aktif sebesar 65,99%, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 82,38 dan secara klasikal mencapai 88,23 % yang berarti seluruhnya telah mencapai standar yang ditetapkan sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301037;
dc.subjectPENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECILen_US
dc.title“PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012)”, Silvia Agustin, 070210301037en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record