dc.description.abstract | Kondisi pengajaran IPA di kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember sampai saat ini masih menunjukkan adanya peluang diadakannya suatu
perbaikan pembelajaran IPA khususnya pada materi penggolongan hewan berdasarkan
makanannya dan hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah
dengan metode ceramah dan siswanya disuruh mencatat apa yang telah guru catat,
kadang-kadang dengan memberikan tugas mengerjakan LKS saja tanpa mengajak siswa
untuk mengamati dan mencoba mempraktikan benda-benda yang ada di sekitarnya.
Menurut hasil wawancara dengan siswa kelas IV, mereka mendapatkan pembelajaran IPA
dari ceramah guru di kelas. Hal semacam ini yang menyebabkan belajar siswa kurang
menjadi bermakna sehingga memunculkan anggapan bahwa mata pelajaran IPA menjadi
kurang menarik. Selain itu siswa juga cenderung belajar yang terpaku pada buku paket
yang ada tanpa harus memperoleh pengalaman secara langsung. Sehingga menyebabkan
hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Oleh karena itu guru harus membantu
siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan strategi
pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa.
Strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan strategi pembelajaran
yang mengutamakan adanya kerja sama, yakni kerja sama antar siswa dalam kelompok
belajar yang terdiri dari 4 atau 5 orang dari berbagai kemampuan , gender, dan etnis untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan media gambar seri merupakan jenis gambar
yang memiliki tahapan-tahapan cerita yang setiap tahapannya digambar pada kertas
terpisah sehingga menggugah antusiasme siswa untuk tahu cerita selanjutnya serta
ix
memudahkan anak mencerna gambar karena keadaan gambar yang dilihat menyerupai
cara bertutur.
Strategi ini menjadikan siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar, siswa siswa
dalam kelompok kecil dapat saling berbagi ide-ide dan bekerja sama dengan mengurutkan
gambar yang punya keterkaitan dengan gambar lain. Rumusan masalah pada penelitian ini
adalah : (1) apakah melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media
gambar seri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Harjomulyo 01
Kecamatan Silo Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA?, (2) apakah melalui strategi
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember dalam
pembelajaran IPA?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian
ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA
melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri di kelas IV
SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011, (2)
Untuk meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui strategi pembelajaran kooperatif
tipe STAD dengan media gambar seri.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV yang terdiri dari 25 siswa. Siswa dibagi
menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas
yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29
Nopember 2010 sampai dengan 9 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV
SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian tes individu.
Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 49% dalam kategori
kurang aktif sedangkan pada siklus II sebesar 70,50% dalam kategori aktif. Hasil belajar
siswa pada siklus I mencapai 66,80 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64%. Pada
siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 75, dan persentase ketuntasan
x
klasikal sebesar 92% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) SDN Harjomulyo 01 Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA menggunakan strategi
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media gambar seri dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan persentase
aktivitas sebesar 21,50% sedangkan hasil belajar sebesar 8,20 dan persentase
ketuntasannya sebesar 28,00% sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas. | en_US |