MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONGKRIT PADA SISWA KELAS III SDN PUJERBARU 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa,
mempunyai peranan yang penting didalam kehidupan manusia. Dengan menulis
seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan
tujuannya.Kegiatan menulis pada zaman yang semakin modern ini mengalami
kemajuan yang sangat pesat. Untuk menghadapi perkembangan itu, masyarakat
khususnya para siswa seharusnya meningkatkan kebiasaan menulis, akan tetapi,
keadaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah selama ini diakui belum berjalan
mulus, efisien, dan efektif. Hal ini dapat dilihat dan faktor kemampuan guru dan
kualitas hasil belajar. Berdasarkan observasi terhadap hasil pembelajaran Bahasa
Indonesia di SDN Pujerbaru 01 Bondowoso kelas III tentang kemampuan menulis
karangan deskripsi ditemukan kekurangan yaitu siswa kurang mampu menuangkan
ide dan menuliskannya. Selain itu banyak siswa dalam menuliskan karangan
menggunakan kata “lalu, dan, terus”. Mengarang pada prinsipnya adalah bercerita
tentang sesuatu yang ada dalam pikiran atau khayalan seseorang, penceritaan itu
dapat dituangkan dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III
dalam menulis karangan pada pokok bahasan mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan,
dan dialog tertulis, adalah dengan menggunakan media kongkrit. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan media konkrit dapat
meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas III SDN Pujerbaru
01 kabupaten Bondowoso?. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III