• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONGKRIT PADA SISWA KELAS III SDN PUJERBARU 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Irfan Budi Suryono-FKIP.pdf (733.3Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Irfan Budi Suryono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, mempunyai peranan yang penting didalam kehidupan manusia. Dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuannya.Kegiatan menulis pada zaman yang semakin modern ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Untuk menghadapi perkembangan itu, masyarakat khususnya para siswa seharusnya meningkatkan kebiasaan menulis, akan tetapi, keadaan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah selama ini diakui belum berjalan mulus, efisien, dan efektif. Hal ini dapat dilihat dan faktor kemampuan guru dan kualitas hasil belajar. Berdasarkan observasi terhadap hasil pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pujerbaru 01 Bondowoso kelas III tentang kemampuan menulis karangan deskripsi ditemukan kekurangan yaitu siswa kurang mampu menuangkan ide dan menuliskannya. Selain itu banyak siswa dalam menuliskan karangan menggunakan kata “lalu, dan, terus”. Mengarang pada prinsipnya adalah bercerita tentang sesuatu yang ada dalam pikiran atau khayalan seseorang, penceritaan itu dapat dituangkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam menulis karangan pada pokok bahasan mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis, adalah dengan menggunakan media kongkrit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan media konkrit dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas III SDN Pujerbaru 01 kabupaten Bondowoso?. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23013
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository