Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Menggunakan Authentic Assesment Pada Pembelajaran Fisika SMP
Abstract
Tercapainya hasil belajar yang maksimum tidak terlepas dari peran guru.
Oleh karena itu, guru fisika hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran yang
dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif serta
merangsang siswa selalu aktif mengajukan pertanyaan dan mengajarkan kepada
siswa untuk menyelidiki suatu masalah dan memecahkannya dengan kondisi kelas
yang menyenangkan. Dasar dari pemecahan masalah adalah kemampuan untuk
belajar dalam situasi proses berfikir dengan kondisi kelas yang menyenangkan. Hal
itu dapat dicapai apabila diterapkan model pembelajaran kooperatif. Dalam
pembelajaran kooperatif digunakan keterampilan-keterampilan khusus agar dapat
bekerja sama di dalam kelompoknya, seperti menjadi pendengar yang baik,
memberikan penjelasan kepada teman sekelompok dengan baik, siswa diberi lembar
kerja. Kegiatan yang berisi pertanyaan atau tugas yang direncanakan untuk diajarkan
selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan secara
bersama-sama. Penerapan model kooperatif dapat menggunakan suatu tipe
pembelajaran yang diselingi dengan permainan sehingga kondisi dalam kelas
menyenangkan. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe Snowball
Throwing. Pembelajaran dengan tipe Snowball Throwing merupakan pembelajaran
yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar bagaimana bekerja secara
individu dan secara kelompok serta menyampaikan idea atau gagasan baik secara
lisan maupun dari suatu permasalahan