dc.description.abstract | Pendidikan dapat mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan, baik pada
masa sekarang maupun masa yang akan datang. Perkembangan ilmu dan teknologi
juga membawa dampak yang sangat berarti dalam dunia pendidikan, karena
mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi
dalam proses belajar. Untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan, harus ditemukan
strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas, yang lebih
memberdayakan potensi siswa. Penggunaan dan pengaktifan media audio visual
(video) di kelas, diharapkan dapat merangsang dan mempermudah pemahaman
konsep-konsep matematika.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk menelaah
bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pokok
bahasan skala dengan menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio
visual pada siswa kelas 5 SDN Umbulsari 04 Kecamatan Umbulsari Kabupaten
Jember Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010, (2) untuk menelaah bagaimanakah
hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan skala
dengan menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio visual pada
siswa kelas 5 SDN Umbulsari 04 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Semester
II Tahun Pelajaran 2009/2010.
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Umbulsari 04 mulai tanggal 09 Maret
sampai 20 Maret 2010. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap
penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action),
pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, tes, observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua
siklus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode
diskusi kelompok disertai media audio visual pada siklus I dengan kriteria cukup aktif
dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa
pada siklus I sebesar 55,42% dan pada siklus II sebesar 67,08%, (2) pembelajaran
matematika menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio visual dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil
belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 45% dan siklus II secara klasikal
sebesar 85% atau dapat dikatakan tuntas. | en_US |