PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI TEGAL GEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh
keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Kegiatan belajar mengajar didukung
beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang digunakan guru;
penggunaan alat peraga/media pembelajaran dapat manarik perhatian siswa.
Berawal dari perhatian tehadap pelajaran dapat menggugah minat siswa untuk
lebih aktif dalam aktivitas belajar, siswa memperoleh pengalaman yang tidak akan
terlupakan. Maka dari itulah siswa dituntut aktif dalam pembelajaran. Rendahnya
keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat disebabkan oleh: metode pembelajaran
yang digunakan guru kurang menarik; penggunaan alat peraga/media
pembelajaran yang jarang sekali digunakan sehingga kurang menarik perhatian
siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.
Pembelajaran menggunakan media gambar ialah pembelajaran yang
memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Dengan media gambar dapat membantu siswa dalam mengetahui sesuatu hal yang
belum diketahui sehingga menarik perhatian siswa, dapat mempermudah siswa
untuk memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Penelitian dilakukan di SD Negeri Tegal Gede 01 Jember. Subjek
penelitian yaitu di kelas IV A dengan jumlah 33 siswa. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model Hopkins dengan tahap penelitian yang meliputi
perencanaan, tindakan, obsevasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh yang
diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukkan dadanya peningkatan aktivitas belajar siswa
dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan data aktivitas siswa,
prosentase keaktifan siswa pada siklus I 65% dan siklus II 75%. Dari hasil yang
telah dilakukan keaktifan siswa meningkat 10%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media
gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi pada kelas IV A SD Negeri Tegal Gede 01
Tahunajaran 2011/2012