dc.description.abstract | Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya kesiapan
guru dalam mengajar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah dan
sejauh mana pengaruh kesiapan guru terhadap hasil belajar siswa bidang studi
matematika SMP Negeri di Jember kota tahun ajaran 2007/2008. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kesiapan guru terhadap
hasil belajar siswa bidang studi matematika SMP Negeri di Jember kota tahun ajaran
2007/2008.
Kesiapan adalah segala sesuatu yang harus disediakan guru dalam
hubungannya dengan kegiatan interaksi belajar mengajar, baik yang dapat dinamai
maupun yang bersifat abstrak. Tercapainya tujuan pengajaran matematika di sekolahsekolah
bergantung kepada siswa sebagai peserta didik, guru sebagai pengajar dan
lainnya. Diantara yang sangat berperan dari guru sebagai pengajar adalah faktor
kesiapan guru, baik kesiapan batiniah maupun kesiapan lahiriah. Kesiapan batiniah
meliputi kesiapan yang berhubungan dengan usaha membekali diri dengan ilmu
pengetahuan pada umumnya, ataupun secara khusus ilmu/materi yang berhubungan
dengan bidang studi yang dibina yang menjadi bidang profesi/spesialisasinya.
Sedangkan kalau kesiapan lahiriah guru meliputi kesiapan yang erat kaitannya
dengan aktifitas jasmaniah sebelum seorang guru memulai mengajar di depan kelas.
Akan tetapi, diakui juga bahwa tentu ada faktor-faktor lain yang berpengaruh seperti
perhatian, minat, kecenderungan, cita-cita, kesehatan jasmani dan rohani, serta
kegairahan siswa dalam belajar matematika. Begitu juga faktor-faktor yang berasal
dari luar guru pengajar, seperti faktor lingkungan, baik lingkungan fisik maupun
xv
lingkungan sosial. Kesiapan guru dalam proses belajar mengajar merupakan salah
satu faktor eksternal yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
korelasional yang tujuannya untuk mengetahui hubungan antara kesiapan guru
dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Jember Kota. Sampel penelitian ini adalah
SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember, SMPN 4 Jember, SMPN 8 Jember, SMPN 11
Jember dan SMPN 12 Jember. Sampel ini diambil berdasarkan kesediaan sekolah
yang ada di Jember Kota. Responden dalam penelitian ini adalah 30 guru dari 6
sekolah di atas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab
permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda,
dan untuk menguji persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi yaitu uji
autokorelasi, multikolinearitas dan heterokesdastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan
antara kesiapan batiniah guru dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan
nilai peluang harga signifikansi dari uji t pada variabel kesiapan batiniah yaitu 0,156
yang lebih besar dari 0,05. Dan ada pengaruh yang signifikan antara kesiapan
batiniah guru dengan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai peluang harga
signifikansi dari uji t pada variabel kesiapan lahiriah yaitu 0,000 yang lebih kecil dari
0,05. Sedangkan dari hasil uji F didapat bahwa ada pengaruh bersama antara kesiapan
batiniah dan lahiriah guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai uji F sebesar
10,337 yang berarti bahwa kesiapan batiniah dan lahiriah guru mempengaruhi hasil
belajar matematika siswa bidang studi matematika SMP Negeri di Jember Kota tahun
ajaran 2007/2008 yaitu secara linier sebesar 43,4 % sedangkan 56,6 dipengaruhi oleh
factor lain diantaranya lingkungan sosial, minat belajar, kondisi kesehatan, IQ dan
motivasi belajar siswa. | en_US |