PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 KECAMATAN PUGER”
Abstract
Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya
untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik
pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang senang pelajaran IPS
dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Penelitian ini mepunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui penerapan pembelajaran
IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV (2)
mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam menerapkan pembelajaran IPS dengan
media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV
SDN Mlokorejo 01 Kecamatan Puger (3) mengethui ketuntasan belajar setelah
mengikuti pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa
kelas IV SDN Mlokorejo 01 Kecamatan Puger.
Penelitian dilaksanakan di SDN Mlokorejo 01 yang terdiri dari 25 siswa, 9
siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan aktivitas siswa, aktivitas dan tes individu. Berdasarkan
aktivitas data yang diperoleh dari hasil observasi bahwa persentase aktivitas siswa
selama pembelajaran perkembangan teknologi menggunakan Media Gambar adalah:
pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa 76% dan siklus II 92%. Dari hasil yang
sudah dulakukan bahwa peningkata aktivitas dari siswa adalah 16%.
Kesimpulan dari penelitian adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar pada materi penerapan pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan
teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk
lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkkan hasil
belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.