Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Hermin Firasti
dc.date.accessioned2014-01-24T01:00:35Z
dc.date.available2014-01-24T01:00:35Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM080210103023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22977
dc.description.abstractMedia animasi flash adalah media yang mampu menyajikan pesan audio visual secara jelas kepada siswa dengan berbagai gambar animasi yang menarik, sedangkan strategi belajar Active Knowledge Sharing (AKS) merupakan strategi belajar yang memungkinkan peserta didik untuk melakukan proses belajar secara aktif, tidak hanya membaca dan mendengar tetapi juga memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih berdiskusi, berpartisipasi, bekerjasama, serta memecahkan masalah-masalah tertentu berkaitan dengan materi pelajaran. Penggunaan media ajar berupa animasi flash materi pelajaran mampu disajikan secara menarik sehingga materi dapat lebih dipahami oleh siswa, akan tetapi pemahaman siswa akan materi tidaklah sama. Ketika ada perbedaan penguasaan materi, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat saling membantu dalam penguasaan materi tersebut. Dibutuhkan strategi belajar AKS, dimana setiap siswa mampu dan mau mengungkapkan pendapatnya, serta berinisiatif untuk saling berbagi dengan siswa lain dalam penyelesaian tugas atau pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh penerapan media animasi flash berbasis AKS terhadap keaktifan siswa kelas X MAN 2 Jember pada pokok bahasan daur biogeokimia; (2) mengetahui pengaruh penerapan media animasi flash berbasis AKS terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Jember pada pokok bahasan daur biogeokimia. Penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X.D dan X.E MAN 2 Jember. Kelas X.D adalah kelas eksperimen dengan penerapan media animasi flash berbasis AKS sedangkan viii kelas X.E adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei semester genap tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang diamati dalam kegiatan pembelajaran antara lain: (1) memperhatikan penjelasan guru; (2) mengamati animasi flash; (3) mengerjakan tugas; (4) bekerja sama dengan siswa lain; (5) menyampaikan ide/pendapat; (6) menanggapi pendapat siswa lain, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan di kelas eksperimen (X.D). Secara klasikal, keaktifan siswa kelas eksperimen memiliki rerata selisih yang lebih tinggi, yaitu sebesar 3,95% jika dibandingkan dengan rerata selisih kelas kontrol, yaitu sebesar 3,68%. Selanjutnya, hasil analisis menggunakan Anakova terhadap nilai pre-test dan post-test, diketahui bahwa nilai probabilitas (P) untuk kedua kelas adalah 0,021. Probabilitas (P < 0,05) sehingga H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media animasi flash berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap aspek kognitif. Secara klasikal, rerata selisih nilai pre-test dan post-test antara siswa kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 47,41% daripada siswa kelas kontrol, yaitu sebesar 43,39%. Selanjutnya, hasil analisis terhadap nilai pre-test dan post-test, diketahui bahwa nilai probabilitas (P) untuk kedua kelas adalah 0,026. P < 0,05 sehingga H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media animasi flash berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi flash berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103023;
dc.subjectKeaktifan Siswaen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Media Animasi Flash Berbasis Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa (Kelas X MAN 2 Jember pada Pokok Bahasan Daur Biogeokimia)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record