PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DI SDN BALUNG LOR 04 JEMBER
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 10 - 18 Mei 2013. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Siklus 1 dan siklus 2 dilakasanakan dalam 2 pertemuan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang diambil dari hasil observasi adalah data motivasi belajar siswa, sedangkan data yang diambil dari tes adalah skor hasil belajar siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penerapan metode discovery pada siswa kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember pokok bahasan energi panas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dari awal sampai akhir sebesar 29.85%, yang diketahui pada obeservasi awal motivasi belajar siswa sebesar 60,94%, siklus I motivasi belajar siswa sebesar sebesar 83,89%, dan pada siklus II rata-rata motivasi siswa sebesar 90,79%. Penerapan metode discovery pada siswa kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember pokok bahasan energi panas juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dari awal sampai akhir sebesar 34,46%, yang diketahui pada obeservasi awal motivasi siswa sebesar 63,79%, pada siklus I rata-rata tes formatif siswa sebesar 91,23% dan pada siklus II rata-rata tes formatif siswa sebesar 98,25% .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SDN Balung Lor 04 Jember. Saran-saran yang dapat diberikan: bagi guru, berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode discovery dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran, khususnya IPA karena dapat membuat siswa tertarik dan senang mengikuti proses pembelajaran.