• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DI SDN BALUNG LOR 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Navisah Fairuz_1.pdf (181.3Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    Navisah Fairuz
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 10 - 18 Mei 2013. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Siklus 1 dan siklus 2 dilakasanakan dalam 2 pertemuan. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang diambil dari hasil observasi adalah data motivasi belajar siswa, sedangkan data yang diambil dari tes adalah skor hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penerapan metode discovery pada siswa kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember pokok bahasan energi panas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dari awal sampai akhir sebesar 29.85%, yang diketahui pada obeservasi awal motivasi belajar siswa sebesar 60,94%, siklus I motivasi belajar siswa sebesar sebesar 83,89%, dan pada siklus II rata-rata motivasi siswa sebesar 90,79%. Penerapan metode discovery pada siswa kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember pokok bahasan energi panas juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dari awal sampai akhir sebesar 34,46%, yang diketahui pada obeservasi awal motivasi siswa sebesar 63,79%, pada siklus I rata-rata tes formatif siswa sebesar 91,23% dan pada siklus II rata-rata tes formatif siswa sebesar 98,25% . Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SDN Balung Lor 04 Jember. Saran-saran yang dapat diberikan: bagi guru, berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menggunakan metode discovery dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran, khususnya IPA karena dapat membuat siswa tertarik dan senang mengikuti proses pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22967
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository