PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN PLUS SUKOWONO JEMBER
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan pada tanggal 18 Januari 2012 di kelas
X-1 SMAN Plus Sukowono Jember, ditemukan hasil belajar biologi tergolong rendah
berdasarkan data pra siklus, hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMAN Plus
Sukowono dari data ulangan harian pokok bahasan keanekaragaman hayati kelas X-1
dari 32 siswa hanya 56,3% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 sedangkan 43,7%
siswa lainnya mendapatkan nilai < 70 dan siswa harus sering diingatkan dalam
mengikuti proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan
karakter siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya di kelas X-1 SMAN Plus Sukowono Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan uraian di atas maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui
penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar dan
karakter siswa yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir
secara mandiri serta bekerja sama dengan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X-1 SMAN Plus
Sukowono Jember tahun pelajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 25 Januari 2012
sampai dengan 15 Februari 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.