dc.description.abstract | Pembelajaran Matematika di kelas II SDN Slateng 03 Jember tahun
pelajaran 2011/2012 cenderung masih menggunakan metode konvensional yaitu
ceramah dan penugasan saja, hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga berakibat terhadap rendahnya
hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah
pembelajaran Matematika tersebut adalah melalui Pembelajaran Kooperatif
dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing (Gampang, Asyik dan
Menyenangkan), sehingga siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses
pembelajaran. Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan
aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 dalam pembelajaran
Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode
Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing?”. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 dalam
pembelajaran Matematika dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif dengan
Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing .
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Slateng 03 Jember pada siswa kelas II
sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap
ix
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa selama
pembelajaran Matematika menggunakan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode
Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing mengalami peningkatan. Persentase
aktifitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 59,88% (kategori
sedang), dan pada siklus II mencapai persentase 79,32%, (kategori aktif). Hasil
belajar siswa selama pembelajaran Matematika menggunakan metode penemuan
mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
70,37%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Kooperatif
dengan Metode Permainan Pilih Jawaban bernuansa Gasing dapat meningkatkan
aktifitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Slateng 03 pada mata pelajaran
Matematika pokok bahasan perkalian bilangan satu sampai lima. Saran untuk
penelitian ini bagi guru, diharapkan untuk menerapkan metode pembelajaran yang
dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa agar hasil belajar yang dicapai oleh
siswa dapat meningkat dan dapat memenuhi KKM. | en_US |