PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI SDN PURWOASRI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, seperti
sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu
politik, dan sebagainya. Penerapan metode yang kurang inovatif yaitu hanya
memakai metode ceramah dan pemberian tugas pada saat kegiatan belajar mengajar
mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan metode Bermain Peran
(Role Playing) ini sengaja peneliti pilih karena ingin menciptakan suasana kelas
menjadi aktif dan menyenangkan. Metode Bermain Peran (Role Playing) adalah suatu
teknik atau cara agar para guru dan siswa memperoleh penghayatan nilai-nilai dan
perasaan. Rumusan masalah yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah
bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode
pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) mata pelajaran IPS pokok bahasan
Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SDN Purwoasri 03
Gumukmas Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian
ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS
pokok bahasan Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia melalui penerapan metode
bermain peran (Role Playing) pada siswa kelas V SDN Purwoasri 03 Gumukmas.
Penelitian ini dilakukan di SDN Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 yang terdiri dari
13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dianalisa
secara kuantitatif, untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam kelas sebagai
tindakan. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistic
deskriptif mengetahui rata-rata kemampuan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil
analisis digunakan dengan menghitung persentase jumlah siswa yang memperoleh
nilai ≥ 70 (ketuntasan secara klasikal).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran (Role
Playing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN
Purwoasri 03 Gumukmas Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012.
Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh
pada siklus I adalah 60,6% dan pada siklus II mendapat skor 84,4%. Hal ini berarti
aktivitas belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif.
Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan
70,8% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 87,5% pada siklus II, sehingga
penelitian ini dikatakan berhasil. Kesimpulan penelitian adalah adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sehingga penelitian
dikatakan berhasil. Penelitian ini merupakan tambahan pengalaman yang sangat
berharga yang dapat dijadikan sebagai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan dan
sebagai masukan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran IPS.