• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011-2012 DENGAN STRATEGI MENGAJAR LATIHAN/DRILL DI SDN JERUK SOKSOK 1 KECAMATAN BINAKAL KABUPATEN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (243)x_1.pdf (562.7Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    ALEK DODI ISKANDAR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan di lapangan khususnya di SDN Jeruk Soksok 1 Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso menunjukkan bahwa, hasil nilai mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kelas IV semester I menunjukkan hasil dalam kriteria kurang baik, dimana dilihat dari hasil penilaian proses rata-rata 50, nilai tes tulis rata-rata 50, dan penilaian ketuntasan belajar rata-ratanya sebesar 50. Masalah ini di sebabkan karena (1) strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, (2) materi yang di ajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, sehingga dalam mengajar guru masih menggunakan teks book, (3) kegiatan pembelajaran belum dirancang sistematis, (4) pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya di jawab oleh beberapa siswa saja, (5) dalam membentuk kelompok siswa masih memilih sendiri sehingga tidak heterogen dan menyebabkan kelompok tertentu yang aktif, (6) siswa masih mengerjakan sendiri tugas yang di berikan oleh guru sehingga siswa yang lain kurang merasa tanggung jawab dan terlibat dalam kelompoknya. Salah satu teknik penyajian pelajaran untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah teknik latihan atau drill, ialah suatu teknik yang dapat diartikan suatu cara mengajar dimana siswa dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Latihan yang praktis, mudah dilakukan, serta teratur pelaksanaannya membina anak dalam meningkatkan penguasaan dalam keterampilan itu, bahkan mungkin siswa dapat memiliki ketangkasan itu dengan sempurna. Hal ini menunjang siswa berprestasi dalam bidang tertentu, misalnya mengenal alat-alat informasi dan komunikasi dan mengenal simbol-simbol didalam sebuah peta.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22839
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository