PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENDAPATAN JASA PENUMPANG PADA PT. KERETA API (PERSERO) STASIUN TANGGUL DAOP IX JEMBER
Abstract
Berdasarkan kegiatan dan pengamatan hasil Praktek Kerja Nyata yang
dilaksanakan di PT. Kereta Api (Persero) Stasiun Tanggul selama kurang lebih
satu bulan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Administrasi pendapatan pada PT. Kereta Api (Persero) Stasiun Tanggul yaitu
pendapatan yang diperoleh dari kegiatan operasional Stasiun Tanggul seharihari,
yaitu hasil penjualan karcis dan angkutan barang yang pembukuannya
dilaksanakan setiap hari. Hasil penjualan karcis dibukukan kedalam buku
penjualan karcis harian pada tabel 1. Hasil pendapatan dari lalu lintas
dibukukan kedalam buku pendapatan lalu lintas, bal dan rupa-rupa pada tabel
2. Hasil pendapatan angkutan penumpang dibukukan pada laporan angkutan
penumpang pada tabel 3. Hasil angkutan begasi dibukukukan pada angkutan
begasi dan angkutan hantaran pada tabel 4. Program dan realisasi penumpang
dibukukan pada program dan realisasi penumpang, barang dan non angkutan
pada tabel 5.
2. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam Praktek Kerja Nyata selama satu
bulan di PT. Kereta Api (Persero) Stasiun Tanggul, Meliputi :
a. Melayani penjualan karcis di PT. Kereta Api (Persero) Stasiun Tanggul
kurang lebih 30 menit sebelum keberangkatan.
b. Membantu pembukuan hasil penjualan karcis kedalam laporan harian
maka pembukuan hasil penjualan tersebut kedalam bentuk laporan
pendapatan lalu lintas, bal dan rupa-rupa.
c. Membantu pengisian daftar program kerja dan realisasi angkutan barang
dan penumpang yang dilakukan oleh pihak PT. Kereta Api (Persero
Stasiun Tanggul pada kolom program dan realisasio penumpang, barang
dan non angkutan.
Collections
- DP-Company Management [469]