PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PROSES TERJADINYA SIANG DAN MALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN TANJUNG III PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tentang Proses Terjadinya Siang dan Malam dengan metode Demonstrasi pada siswa kelas 6 SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan 2009/2010.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa 21 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti sebanyak 4 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi, dipergunakan beberapa alat peraga dan data observer.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 61,9% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 85,71% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode belajar demonstrasi maka model belajar ini dapat meningkatkan kualitas hasil belajar.