HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK PGRI DESA SEPANJANG KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2012-2013
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data angka dengan metode statistika. Tempat penelitian bertempat di TK PGRI Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi, penentuan tempat menggunakaan metode purposive. Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah lima bulan, dengan responden data penelitian 60 anak (peserta didik TK PGRI Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu checklist, observasi, dan dokuentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment atau Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of Correlatin).
Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan rumus product moment menggunakan perhitungan statistik r hitung sebesar 0,66. Nilai ini lebih besar daripada r tabelnya, untuk N = 60 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,254 diketahui bahwa ada hubungan yang cukup signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar anak usia dini di TK PGRI desa Sepanjang kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwanngi tahun ajaran 2012/2013.
Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang cukup signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar anak usia dini di TK PGRI Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2012-2013. Saran yang dapat disampaikan untuk TK PGRI yaitu diharapkan untuk selalu mengembangkan penggunaan media pembelajaran sebagai pendukung dalam proses pembelajaran.