PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN MOJO 02 KECAMATAN PADANG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Mojo 02, aktivitas belajar
siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah
pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang
kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, penggunaan media
dan alat peraga yang kurang menarik, serta pembelajaran IPA yang masih
menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu,
diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata IPA yaitu melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan
pendekatan SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi
alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten
Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan
pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)?; (2) Bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alatalat
tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten
Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan
pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)?