dc.description.abstract | Proses belajar mengajar yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh
peran guru dan siswa sebagai individu yang terlibat langsung didalam proses tersebut.
Siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami konsep, untuk itu selama
proses kegiatan belajar berlangsung bantuan guru sangat diperlukan. Proses
pembelajaran yang berlangsung cenderung berpusat pada guru (teacher centered),
metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga
siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dan membuat siswa
kurang mempunyai kemandirian belajar dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Siswa selalu menunggu perintah dari guru untuk melakukan suatu tindakan. Peran
serta siswa belum menyeluruh dan hanya didominasi oleh siswa-siswa tertentu saja.
Kondisi tersebut menimbulkan kejenuhan dan berdampak pada hasil belajar siswa.
Permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu adakah peningkatan motivasi dan
hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran quantum learning dengan media
flashcard pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model
pembelajaran quantum teaching dengan media flashcard.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian
di SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X5 semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan pada
bulan April-Juni 2012. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data-data yang diambil
viii
dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Pengukuran motivasi dengan angket ARCS yang diberikan pada sikllus I dan siklus
II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa
kelas X5 dengan menggunakan model pembelajaran quantum tlearning dengan media
flashcard. hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek attention sebesar
1,19; relevance 0,33; confidence 0,64 dan satisfaction 0,95.
Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan
model pembelajaran quantum teaching dan media flashcard. Pada aspek kognitif
peningkatan sebesar 2,8%, aspek afektif sebesar 1,7% dan pada aspek psikomotor
sebesar 0,92%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi dalam penerapan
model pembelajaran quantum teaching dengan media flashcard. | en_US |