PERBEDAAN PERSEPSI KONSUMEN DALAM BERBELANJA PADA MINIMARKET INDOMARET DAN ALFAMART DI JALAN KALIMANTAN JEMBER
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan
dengan cara purposive area yang dilaksanakan di Minimarket Indomaret dan
Alfamart di Jalan Kalimantan Jember dan penentuan responden penelitian
menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan, yaitu
analisis deskriptif dan Uji T-test.
Hasil pengujian Uji T-test pada perbedaan persepsi konsumen antara
minimarket Indomaret dan Alfamart ditemukan perbedaan persepsi konsumen
Indomaret dan Alfamart secara signifikan, sehingga Ho ditolak dan H𝛼 diterima yang
artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi konsumen pada
Minimarket Indomaret dan Alfamart di Jalan Kalimantan Jember.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa (1)
Adanya perbedaan yang signifikan persepsi konsumen Indomaret dan konsumen
Alfamart, (2) Besarnya perbedaan persepsi konsumen pada minimarket Indomaret
dan persepsi konsumen Alfamart adalah sebesar 0,340 yang menunjukkan tolak Ho di
bawah level of significance ( α = 0,05 ) dan (3) Persepsi konsumen terhadap aspek
harga, promosi, dan pelayanan menurut konsumen minimarket Alfamart lebih baik,
sementara pada aspek lokasi, produk, dan suasana menurut konsumen minimarket
Indomaret lebih baik. Artinya bahwa Alfamart memiliki keunggulan dalam harga,
promosi, dan pelayanan sementara Indomart lebih unggul dalam lokasi, produk, dan
suasana.