dc.description.abstract | R
I
N
G
K
A
S
A
N
P
e
n
e
r
a
p
a
n
S
t
r
a
t
e
g
i
P
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
T
h
i
n
k
T
a
l
k
W
r
i
t
e
(
T
T
W
)
d
e
n
g
a
n
A
u
t
h
e
n
t
i
c
A
s
s
e
s
s
m
e
n
t
u
n
t
u
k
M
e
n
i
n
g
k
a
t
k
a
n
A
k
t
i
v
i
t
a
s
d
a
n
H
a
s
i
l
B
e
l
a
j
a
r
p
a
d
a
S
u
b
P
o
k
o
k
B
a
h
a
s
a
n
L
o
g
i
k
a
M
a
t
e
m
a
t
i
k
a
S
i
s
w
a
K
e
l
a
s
X
S
M
A
N
e
g
e
r
i
1
T
a
n
g
g
u
l
S
e
m
e
s
t
e
r
G
e
n
a
p
T
a
h
u
n
A
j
a
r
a
n
2
0
1
1
/
2
0
1
2
;
N
i
k
i
t
a
R
a
h
m
a
n
;
0
6
0
2
1
0
1
0
1
1
3
3
;
2
0
0
6
;
6
0
h
a
l
a
m
a
n
;
P
r
o
g
r
a
m
S
t
u
d
i
P
e
n
d
i
d
i
k
a
n
M
a
t
e
m
a
t
i
k
a
;
J
u
r
u
s
a
n
P
e
n
d
i
d
i
k
a
n
M
I
P
A
;
F
K
I
P
;
U
n
i
v
e
r
s
i
t
a
s
J
e
m
b
e
r
P
e
l
a
k
s
a
n
a
a
n
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
o
l
e
h
g
u
r
u
p
a
d
a
u
m
u
m
n
y
a
m
a
s
i
h
m
e
n
d
o
m
i
n
a
s
i
s
e
h
i
n
g
g
a
s
i
s
w
a
h
a
n
y
a
m
e
n
e
r
i
m
a
m
a
t
e
r
i
p
e
l
a
j
a
r
a
n
s
e
c
a
r
a
p
a
s
i
f
.
O
l
e
h
s
e
b
a
b
i
t
u
,
p
e
n
d
i
d
i
k
a
n
s
a
a
t
i
n
i
h
e
n
d
a
k
n
y
a
d
i
d
a
s
a
r
k
a
n
p
a
d
a
t
i
n
g
k
a
t
k
u
a
l
i
t
a
s
d
a
n
k
e
m
a
m
p
u
a
n
p
a
r
a
g
u
r
u
d
a
l
a
m
m
e
n
g
g
u
n
a
k
a
n
b
e
r
b
a
g
a
i
m
e
t
o
d
e
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
u
n
t
u
k
m
e
n
g
h
a
d
a
p
i
p
e
r
m
a
s
a
l
a
h
a
n
d
a
l
a
m
b
i
d
a
n
g
p
e
n
d
i
d
i
k
a
n
.
S
a
l
a
h
s
a
t
u
b
e
n
t
u
k
p
e
n
g
e
m
b
a
n
g
a
n
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
m
a
t
e
m
a
t
i
k
a
y
a
n
g
m
e
m
b
e
r
i
k
a
n
k
e
s
e
m
p
a
t
a
n
b
a
g
i
s
i
s
w
a
u
n
t
u
k
b
e
r
p
a
r
t
i
s
i
p
a
s
i
a
k
t
i
f
a
d
a
l
a
h
s
t
r
a
t
e
g
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
t
h
i
n
k
t
a
l
k
w
r
i
t
e
(
T
T
W
)
.
D
a
l
a
m
s
t
r
a
t
e
g
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
t
h
i
n
k
t
a
l
k
w
r
i
t
e
(
T
T
W
)
,
t
e
r
d
a
p
a
t
t
i
g
a
t
a
h
a
p
a
n
y
a
i
t
u
:
t
h
i
n
k
(
b
e
r
p
i
k
i
r
)
,
t
a
l
k
(
b
e
r
d
i
s
k
u
s
i
)
,
d
a
n
w
r
i
t
e
(
m
e
n
u
l
i
s
)
.
D
a
l
a
m
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
i
n
i
d
i
b
e
n
t
u
k
k
e
l
o
m
p
o
k
k
e
c
i
l
t
e
r
d
i
r
i
d
a
r
i
l
i
m
a
o
r
a
n
g
a
n
g
g
o
t
a
d
a
l
a
m
s
a
t
u
k
e
l
o
m
p
o
k
y
a
n
g
m
e
m
i
l
i
k
i
t
i
n
g
k
a
t
k
e
m
a
m
p
u
a
n
b
e
r
b
e
d
a
.
P
e
n
y
e
m
p
u
r
n
a
a
n
d
a
n
p
e
r
b
a
i
k
a
n
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
m
a
t
e
m
a
t
i
k
a
j
u
g
a
d
i
i
r
i
n
g
i
d
e
n
g
a
n
s
i
s
t
e
m
p
e
n
i
l
a
i
a
n
(
a
s
s
e
s
s
m
e
n
t
)
.
A
d
a
p
u
n
b
e
n
t
u
k
p
e
n
i
l
a
i
a
n
y
a
n
g
c
o
c
o
k
d
a
n
d
i
r
e
k
o
m
e
n
d
a
s
i
k
a
n
u
n
t
u
k
m
e
n
i
l
a
i
k
e
m
a
m
p
u
a
n
y
a
n
g
i
n
g
i
n
d
i
c
a
p
a
i
a
d
a
l
a
h
p
e
n
i
l
a
i
a
n
a
u
t
e
n
t
i
k
(
a
u
t
h
e
n
t
i
c
a
s
s
e
s
s
m
e
n
t
)
.
P
e
r
m
a
s
a
l
a
h
a
n
y
a
n
g
m
e
n
j
a
d
i
f
o
k
u
s
p
a
d
a
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
a
d
a
l
a
h
b
a
g
a
i
m
a
n
a
s
t
r
a
t
e
g
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
t
h
i
n
k
t
a
l
k
w
r
i
t
e
(
T
T
W
)
d
i
s
e
r
t
a
i
a
u
t
h
e
n
t
i
c
a
s
s
e
s
s
m
e
n
t
?
,
b
a
g
a
i
m
a
n
a
a
k
t
i
v
i
t
a
s
s
i
s
w
a
?
,
d
a
n
b
e
r
a
p
a
p
e
r
s
e
n
t
a
s
e
k
e
t
u
n
t
a
s
a
n
b
e
l
a
j
a
r
s
i
s
w
a
?
,
s
e
d
a
n
g
k
a
n
p
e
n
e
l
i
t
i
a
n
i
n
i
b
e
r
t
u
j
u
a
n
u
n
t
u
k
m
e
n
g
e
t
a
h
u
i
p
e
n
e
r
a
p
a
n
s
t
r
a
t
e
g
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
t
h
i
n
k
t
a
l
k
w
r
i
t
e
(
T
T
W
)
y
a
n
g
d
i
s
e
r
t
a
i
p
e
n
e
r
a
p
a
n
a
u
t
h
e
n
t
i
c
a
s
s
e
s
s
m
e
n
t
,
u
n
t
u
k
m
e
n
g
e
t
a
h
u
i
a
k
t
i
v
i
t
a
s
s
i
s
w
a
,
d
a
n
u
n
t
u
k
m
e
n
g
e
t
a
h
u
i
p
e
r
s
e
n
t
a
s
e
k
e
t
u
n
t
a
s
a
n
b
e
l
a
j
a
r
s
i
s
w
a
.
x
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Tanggul Jember
tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa dengan rincian 24 siswa perempuan
dan 16 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, tes, dokumentasi dan pemberian tugas. Penelitian ini dilaksanakan dari
tanggal 17 Januari 2012 hingga 27 Januari 2012. Pelaksanaan siklus I sebanyak 2 kali
pembelajaran dan siklus II sebanyak 2 kali pembelajaran. Pelaksanaan siklus I dan II
tidak jauh berbeda. Hal itu karena pada siklus I ketuntasan belajar siswa mampu
mencapai 92,5% dan pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan yang nantinya
mampu menunjang ketuntasan belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa dan guru sedangkan data
kuantitatif berupa nilai dari penilaian portofolio (LKPD, PR), tes akhir siklus (kuis),
juga data numerik dari observasi aktivitas siswa.
Hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan
aktivitas individu dan kelompok cenderung mengalami peningkatan, namun ada pula
yang mengalami penurunan di setiap pembelajaran. Selama empat kali pembelajaran,
aktivitas individu maupun kelompok dinilai sebanyak empat kali. Persentase aktivitas
mengenai keberadaan siswa dalam kegiatan kelompok dalam setiap pembelajaran
yaitu 91,88%; 88,75%; 92,50%; 91,88%. Peningkatan persentase keberadaan siswa
dalam kegiatan kelompok mengalami peningkatan pada pembelajaran 3, namun
terjadi penurunan pada pembelajaran 2 dan 4. Penurunan ini dikarenakan mereka
bosan dengan anggota kelompoknya dan ingin berada dalam kelompok yang baru.
Persentase aktivitas perhatian pada pelajaran dalam setiap pembelajaran yaitu 85%;
90%; 85,63; 84,38%. Penurunan terjadi karena guru kurang tegas untuk memberi
hukuman bagi siswa yang bercanda dengan temannya. Persentase aktivitas mengenai
bekerja dalam kelompok dalam setiap pembelajaran adalah 85,63%; 85%;
83,75,63;83,13%. Penurunan persentase aktivitas mengenai bekerja dalam kelompok
mengalami penurunan pada setiap pembelajaran, namun relatif kecil dan masih
termasuk dalam kriteria aktif. Persentase aktivitas mengenai keseriusan siswa dalam
mengerjakan LKS di setiap pembelajaran adalah 70%; 78,75%; 82,5%; 90%.
xi
P
e
n
i
n
g
k
a
t
a
n
t
e
r
j
a
d
i
d
i
s
e
t
i
a
p
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
k
a
r
e
n
a
s
i
s
w
a
s
u
d
a
h
m
u
l
a
i
s
e
r
i
u
s
d
a
n
c
u
k
u
p
m
a
m
p
u
m
e
n
g
e
r
j
a
k
a
n
L
K
S
,
P
e
r
s
e
n
t
a
s
e
a
k
t
i
v
i
t
a
s
k
e
l
o
m
p
o
k
j
u
g
a
c
e
n
d
e
r
u
n
g
m
e
n
g
a
l
a
m
i
p
e
n
i
n
g
k
a
t
a
n
p
a
d
a
k
r
i
t
e
r
i
a
a
n
t
u
s
i
a
s
m
e
k
e
l
o
m
p
o
k
d
a
n
k
e
r
j
a
s
a
m
a
a
n
t
a
r
a
n
g
g
o
t
a
,
n
a
m
u
n
m
e
n
g
a
l
a
m
i
p
e
n
u
r
u
n
a
n
p
a
d
a
k
r
i
t
e
r
i
a
k
e
s
e
r
i
u
s
a
n
.
P
e
r
s
e
n
t
a
s
e
a
n
t
u
s
i
a
s
m
e
k
e
l
o
m
p
o
k
d
a
l
a
m
d
i
s
k
u
s
i
k
e
l
o
m
p
o
k
b
e
r
t
u
r
u
t
t
u
r
u
t
s
e
l
a
m
a
e
m
p
a
t
k
a
l
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
y
a
i
t
u
7
9
,
1
7
%
;
7
9
,
1
7
%
;
7
9
,
1
7
%
;
8
3
,
3
3
%
.
P
e
r
s
e
n
t
a
s
e
a
n
t
u
s
i
a
s
m
e
k
e
l
o
m
p
o
k
c
e
n
d
e
r
u
n
g
s
t
a
b
i
l
d
a
l
a
m
s
e
t
i
a
p
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
,
h
a
n
y
a
p
a
d
a
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
k
e
e
m
p
a
t
y
a
n
g
t
e
r
l
i
h
a
t
m
e
n
i
n
g
k
a
t
.
P
e
r
s
e
n
t
a
s
e
k
e
s
e
r
i
u
s
a
n
k
e
l
o
m
p
o
k
d
a
l
a
m
d
i
s
k
u
s
i
k
e
l
o
m
p
o
k
b
e
r
t
u
r
u
t
t
u
r
u
t
s
e
l
a
m
a
e
m
p
a
t
k
a
l
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
y
a
i
t
u
8
3
,
3
3
%
;
8
7
,
5
%
;
8
3
.
3
3
%
;
7
9
,
1
7
%
.
P
e
r
s
e
n
t
a
s
e
k
e
r
j
a
s
a
m
a
a
n
t
a
r
a
n
g
g
o
t
a
k
e
l
o
m
p
o
k
s
e
l
a
m
a
e
m
p
a
t
k
a
l
i
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
y
a
i
t
u
7
0
,
8
3
%
;
7
5
%
;
8
3
,
3
3
%
;
8
3
,
3
3
%
.
P
e
r
s
e
n
t
a
s
e
k
e
d
i
s
i
p
l
i
n
a
n
d
a
l
a
m
s
e
t
i
a
p
p
e
m
b
e
l
a
j
a
r
a
n
a
d
a
l
a
h
9
1
,
6
7
%
;
8
7
,
5
%
;
7
9
,
1
7
%
;
8
3
,
3
3
%
. | en_US |