Show simple item record

dc.contributor.authorN i k i t a R a h m a n
dc.date.accessioned2014-01-23T23:46:49Z
dc.date.available2014-01-23T23:46:49Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM060210101133
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22741
dc.description.abstractR I N G K A S A N P e n e r a p a n S t r a t e g i P e m b e l a j a r a n T h i n k T a l k W r i t e ( T T W ) d e n g a n A u t h e n t i c A s s e s s m e n t u n t u k M e n i n g k a t k a n A k t i v i t a s d a n H a s i l B e l a j a r p a d a S u b P o k o k B a h a s a n L o g i k a M a t e m a t i k a S i s w a K e l a s X S M A N e g e r i 1 T a n g g u l S e m e s t e r G e n a p T a h u n A j a r a n 2 0 1 1 / 2 0 1 2 ; N i k i t a R a h m a n ; 0 6 0 2 1 0 1 0 1 1 3 3 ; 2 0 0 6 ; 6 0 h a l a m a n ; P r o g r a m S t u d i P e n d i d i k a n M a t e m a t i k a ; J u r u s a n P e n d i d i k a n M I P A ; F K I P ; U n i v e r s i t a s J e m b e r P e l a k s a n a a n p e m b e l a j a r a n o l e h g u r u p a d a u m u m n y a m a s i h m e n d o m i n a s i s e h i n g g a s i s w a h a n y a m e n e r i m a m a t e r i p e l a j a r a n s e c a r a p a s i f . O l e h s e b a b i t u , p e n d i d i k a n s a a t i n i h e n d a k n y a d i d a s a r k a n p a d a t i n g k a t k u a l i t a s d a n k e m a m p u a n p a r a g u r u d a l a m m e n g g u n a k a n b e r b a g a i m e t o d e p e m b e l a j a r a n u n t u k m e n g h a d a p i p e r m a s a l a h a n d a l a m b i d a n g p e n d i d i k a n . S a l a h s a t u b e n t u k p e n g e m b a n g a n p e m b e l a j a r a n m a t e m a t i k a y a n g m e m b e r i k a n k e s e m p a t a n b a g i s i s w a u n t u k b e r p a r t i s i p a s i a k t i f a d a l a h s t r a t e g i p e m b e l a j a r a n t h i n k t a l k w r i t e ( T T W ) . D a l a m s t r a t e g i p e m b e l a j a r a n t h i n k t a l k w r i t e ( T T W ) , t e r d a p a t t i g a t a h a p a n y a i t u : t h i n k ( b e r p i k i r ) , t a l k ( b e r d i s k u s i ) , d a n w r i t e ( m e n u l i s ) . D a l a m p e m b e l a j a r a n i n i d i b e n t u k k e l o m p o k k e c i l t e r d i r i d a r i l i m a o r a n g a n g g o t a d a l a m s a t u k e l o m p o k y a n g m e m i l i k i t i n g k a t k e m a m p u a n b e r b e d a . P e n y e m p u r n a a n d a n p e r b a i k a n p e m b e l a j a r a n m a t e m a t i k a j u g a d i i r i n g i d e n g a n s i s t e m p e n i l a i a n ( a s s e s s m e n t ) . A d a p u n b e n t u k p e n i l a i a n y a n g c o c o k d a n d i r e k o m e n d a s i k a n u n t u k m e n i l a i k e m a m p u a n y a n g i n g i n d i c a p a i a d a l a h p e n i l a i a n a u t e n t i k ( a u t h e n t i c a s s e s s m e n t ) . P e r m a s a l a h a n y a n g m e n j a d i f o k u s p a d a p e n e l i t i a n i n i a d a l a h b a g a i m a n a s t r a t e g i p e m b e l a j a r a n t h i n k t a l k w r i t e ( T T W ) d i s e r t a i a u t h e n t i c a s s e s s m e n t ? , b a g a i m a n a a k t i v i t a s s i s w a ? , d a n b e r a p a p e r s e n t a s e k e t u n t a s a n b e l a j a r s i s w a ? , s e d a n g k a n p e n e l i t i a n i n i b e r t u j u a n u n t u k m e n g e t a h u i p e n e r a p a n s t r a t e g i p e m b e l a j a r a n t h i n k t a l k w r i t e ( T T W ) y a n g d i s e r t a i p e n e r a p a n a u t h e n t i c a s s e s s m e n t , u n t u k m e n g e t a h u i a k t i v i t a s s i s w a , d a n u n t u k m e n g e t a h u i p e r s e n t a s e k e t u n t a s a n b e l a j a r s i s w a . x Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Tanggul Jember tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa dengan rincian 24 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan pemberian tugas. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 17 Januari 2012 hingga 27 Januari 2012. Pelaksanaan siklus I sebanyak 2 kali pembelajaran dan siklus II sebanyak 2 kali pembelajaran. Pelaksanaan siklus I dan II tidak jauh berbeda. Hal itu karena pada siklus I ketuntasan belajar siswa mampu mencapai 92,5% dan pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan yang nantinya mampu menunjang ketuntasan belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa dan guru sedangkan data kuantitatif berupa nilai dari penilaian portofolio (LKPD, PR), tes akhir siklus (kuis), juga data numerik dari observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan aktivitas individu dan kelompok cenderung mengalami peningkatan, namun ada pula yang mengalami penurunan di setiap pembelajaran. Selama empat kali pembelajaran, aktivitas individu maupun kelompok dinilai sebanyak empat kali. Persentase aktivitas mengenai keberadaan siswa dalam kegiatan kelompok dalam setiap pembelajaran yaitu 91,88%; 88,75%; 92,50%; 91,88%. Peningkatan persentase keberadaan siswa dalam kegiatan kelompok mengalami peningkatan pada pembelajaran 3, namun terjadi penurunan pada pembelajaran 2 dan 4. Penurunan ini dikarenakan mereka bosan dengan anggota kelompoknya dan ingin berada dalam kelompok yang baru. Persentase aktivitas perhatian pada pelajaran dalam setiap pembelajaran yaitu 85%; 90%; 85,63; 84,38%. Penurunan terjadi karena guru kurang tegas untuk memberi hukuman bagi siswa yang bercanda dengan temannya. Persentase aktivitas mengenai bekerja dalam kelompok dalam setiap pembelajaran adalah 85,63%; 85%; 83,75,63;83,13%. Penurunan persentase aktivitas mengenai bekerja dalam kelompok mengalami penurunan pada setiap pembelajaran, namun relatif kecil dan masih termasuk dalam kriteria aktif. Persentase aktivitas mengenai keseriusan siswa dalam mengerjakan LKS di setiap pembelajaran adalah 70%; 78,75%; 82,5%; 90%. xi P e n i n g k a t a n t e r j a d i d i s e t i a p p e m b e l a j a r a n k a r e n a s i s w a s u d a h m u l a i s e r i u s d a n c u k u p m a m p u m e n g e r j a k a n L K S , P e r s e n t a s e a k t i v i t a s k e l o m p o k j u g a c e n d e r u n g m e n g a l a m i p e n i n g k a t a n p a d a k r i t e r i a a n t u s i a s m e k e l o m p o k d a n k e r j a s a m a a n t a r a n g g o t a , n a m u n m e n g a l a m i p e n u r u n a n p a d a k r i t e r i a k e s e r i u s a n . P e r s e n t a s e a n t u s i a s m e k e l o m p o k d a l a m d i s k u s i k e l o m p o k b e r t u r u t t u r u t s e l a m a e m p a t k a l i p e m b e l a j a r a n y a i t u 7 9 , 1 7 % ; 7 9 , 1 7 % ; 7 9 , 1 7 % ; 8 3 , 3 3 % . P e r s e n t a s e a n t u s i a s m e k e l o m p o k c e n d e r u n g s t a b i l d a l a m s e t i a p p e m b e l a j a r a n , h a n y a p a d a p e m b e l a j a r a n k e e m p a t y a n g t e r l i h a t m e n i n g k a t . P e r s e n t a s e k e s e r i u s a n k e l o m p o k d a l a m d i s k u s i k e l o m p o k b e r t u r u t t u r u t s e l a m a e m p a t k a l i p e m b e l a j a r a n y a i t u 8 3 , 3 3 % ; 8 7 , 5 % ; 8 3 . 3 3 % ; 7 9 , 1 7 % . P e r s e n t a s e k e r j a s a m a a n t a r a n g g o t a k e l o m p o k s e l a m a e m p a t k a l i p e m b e l a j a r a n y a i t u 7 0 , 8 3 % ; 7 5 % ; 8 3 , 3 3 % ; 8 3 , 3 3 % . P e r s e n t a s e k e d i s i p l i n a n d a l a m s e t i a p p e m b e l a j a r a n a d a l a h 9 1 , 6 7 % ; 8 7 , 5 % ; 7 9 , 1 7 % ; 8 3 , 3 3 % .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 6 0 2 1 0 1 0 1 1 3 3 ;;
dc.subjectT h i n k T a l k W r i t e ( T T W )en_US
dc.titleP e n e r a p a n S t r a t e g i P e m b e l a j a r a n T h i n k T a l k W r i t e ( T T W ) d e n g a n A u t h e n t i c A s s e s s m e n t u n t u k M e n i n g k a t k a n A k t i v i t a s d a n H a s i l B e l a j a r p a d a S u b P o k o k B a h a s a n L o g i k a M a t e m a t i k a S i s w a K e l a s X S M A N e g e r i 1 T a n g g u l S e m e s t e r G e n a p T a h u n A j a r a n 2 0 1 1 / 2 0 1 2 ;en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record