• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN 6 - 10 MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK SEPULUH JARI PADA SISWA KELAS III SD NASIONAL KECAMATAN KALISAT-JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    K (265)k_1fkip.pdf (300.5Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Agus Sudarmaji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya perolehan hasil belajar mata pelajaran Matematika di SD Nasional Kalisat menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas. Pada saat ini berhasil tidaknya siswa dan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar diukur berdasarkan Standar Ketuntasan Minimal (SKM). SKM mata pelajaran Matematika kelas III SD Nasional Kalisat - kabupaten Jember adalah 75% sedangkan prosentase ketuntasan siswa pada pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan sebesar 54%. hal ini menjadi latar belakang diadakannya penelitian dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran Kooperatif pada mata pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika selama dan setelah di terapkannya pembelajaran Kooperatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan mengambil tempat SD Nasional Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Nasional Kalisat Tahun Ajaran 2009/ 2010, sebanyak 30 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan : (1) Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan 6 - 10 Melalui pendekataan kooperatif dengan Teknik Sepuluh Jari pada Siswa Kelas III SD Nasional Kecamatan Kalisat-Jember berjalan dengan baik meskipun belum optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22725
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository