• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Antara Penerapan Metode Diskusi dengan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Konsumsi dan Investasi Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2010/2011)” Shofiyatu Nur Isminah, 060210391177

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (206)_1.pdf (447.8Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Shofiyatu Nur Isminah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode mengajar yang biasa digunakan oleh guru ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Pakusari adalah metode ceramah, tanya jawab dan metode diskusi. Pada metode diskusi disini guru menjelaskan materi pelajaran secara lisan, membagi siswa ke dalam kelompok. Setelah pembagian kelompok, masing-masing kelompok diberi materi pelajaran dan permasalahan yang harus diselesaikan. Seusai melakukan diskusi, setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergiliran. Penerapan metode diskusi dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat tercipta komunikasi antar guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Selain itu menurut guru ekonomi kelas X di SMA N 1 Pakusari, metode diskusi juga dapat mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain. Pokok bahasan konsumsi dan investasi membahas tentang fungsi konsumsi, tabungan dan investasi, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta cara menggambar kurvanya. Pokok bahasan tersebut erat kaitannya dengan masalah keseharian yang terjadi disekitar kita. Hal tersebut tentunya tidak cukup dengan pembahasan konsepkonsep teori saja melainkan perlu disampaikan secara kontekstual agar siswa dapat membentuk pengetahuan secara mandiri. Metode pemecahan masalah (problem solving) memberikan kesempatan siswa untuk bereksplorasi mengumpulkan dan menganalisis data secara lengkap untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Hakikat masalah dalam metode pemecahan masalah adalah kesenjangan antara situasi nyata dengan apa yang diharapkan. Dengan melihat kesenjangan tersebut diharapkan siswa dapat peka terhadap masalah yang ada, sehingga siswa dapat memecahkan masalah tersebut secara kreatif, kritis dan mampu mempertanggungjawabkan pemikirannya secara rasional. Dengan penerapan metode pemecahan masalah tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan metode diskusi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui metode diskusi dengan yang diperoleh melalui metode pemecahan masalah pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsumsi dan investasi tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pakusari dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas X. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sampai dengan kelas X5. Sampel yang digunakan adalah kelas X2 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan metode diskusi dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode pemecahan masalah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat. Aktivitas siswa dalam kelas yang menggunakan metode diskusi secara keseluruhan memiliki rata-rata skor sebesar 2,70 yang termasuk dalam kriteria cukup aktif, sedangkan pada metode pemecahan masalah menunjukkan kriteria yang aktif dengan skor sebesar 2,85. Hasil uji analisis data pada post tes dengan taraf signifikasi 5 % dan d.b. 77 diperoleh ttes = 1,99 yang melebihi harga ttabel = 1,667. Berdasarkan hasil penghitungan Uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung > dari ttabel dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan melalui penerapan metode diskusi dan metode pemecahan masalah. Hasil ketuntasan b
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22718
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository