• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Pengembangan Bahan Ajar dan Media Power Point Berbasis Kontekstual pada Kompetensi Dasar Mengambil Resiko Usaha untuk Siswa Kelas X Pemasaran Semester Genap di SMKN 1 Tanggul Tahun Ajaran 2012 / 2013.”

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (204)_1.pdf (187.4Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Shofia Ulfa Chafilla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran untuk siswa SMK Negeri 1 Tanggul kelas X PM mata pelajaran kewirausahaan Kompetensi Dasar mengambil resiko usaha yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual saat ini sudah diterapkan oleh guru. Pembelajaran tersebut juga didukung dengan adanya bahan ajar dan media pembelajaran. Pada pelaksanaannya, bahan ajar dan media pembelajaran yang ada selama ini masih belum sesuai dengan kebutuhan guru. Kompetensi Dasar mengambil resiko usaha seharusnya menggunakan bahan ajar dan media pembelajaran yang tepat dan baik yang disesuaikan dengan kebutuhan guru baik agar pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan efektif, efisien dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran berupa media Power Point. Bahan ajar dan media Power Point tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan guru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui penggunaan media, efektivitas, efisiensi dan daya tarik bahan ajar dan media Power Point dalam pembelajaran kewirausahaan Kompetensi Dasar mengambil resiko usaha di SMKN 1 Tanggul. Bahan ajar dan media Power Point yang telah dikembangkan perlu diuji coba untuk mengetahui penggunaan media Power Point, efektivitas, efisiensi dan daya tarik bahan ajar dan media Power Point. Uji coba pada penetlitian ini merupakan uji coba eksperimental yaitu dengan mencari perbandingan kelas dengan menggunakan bahan ajar dan media pembelajaran yang tidak dikembangkan dengan kelas yang menggunakan bahan ajar dan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Bahan ajar dan media pembelajaran tersebut diuji cobakan pada kelompok terbatas maupun lebih luas. Uji coba terbatas melibatkan 10 orang siswa pada kelompok kontrol maupun eksperimen. Sedangkan uji coba lebih luas melibatkan seluruh siswa pada kelompok kontrol maupun eksperimen yang berjumlah 33 orang siswa di SMKN 1 tanggul. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, wawancara, observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test untuk mengetahui efektifitas bahan ajar dan media Power Point. Untuk mengetahui efisiensi bahan ajar dan media Power Point yang telah dikembangkan digunakan metode wawancara dan observasi sedangkan untuk mengetahui daya tarik digunakan angket. Penggunaan bahan ajar menunjukkan kategori baik, dari hasil observasi kemampuan guru dalam mengajar diperoleh hasil bahwa penggunaan media Power Point oleh guru pada uji coba terbatas maupun lebih luas tidak ada kendala, sekalipun ada kendala hal itu sudah bisa diatasi oleh guru. Dari hasil obserasi tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point dapat mencapai tujuan pembelajaran dan berada pada kategori yang memuaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar dan media Power Point efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran kewirausahaan yang ditunjukkan nilai t-hitung > t-tabel. Pada uji coba terbatas diketahui hasil | t-hitung | > t-tabel yaitu | -2,306 | > 2,101. Pada uji coba lebih luas diketahui nilai | t-hitung| > t-tabel yaitu | -5,007 | > 1,998. Dari hasil uji coba produk pada kelompok terbatas dan lebih luas dapat diketahui adanya perbedaan pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual dengan menggunakan bahan ajar dan media Power Point dan tidak menggunakan bahan ajar dan media Power Point. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran lebih efektif dengan menggunakan bahan ajar dan media Power Point yang telah diuji cobakan pada uji coba terbatas maupun lebih luas.. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar dan media Power Point efisien dalam pembelajaran kewirausahaan yang ditunjukkan waktu dalam pembelajaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22702
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository