Show simple item record

dc.contributor.authorVery Verdynata
dc.date.accessioned2014-01-23T23:00:34Z
dc.date.available2014-01-23T23:00:34Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204346
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22660
dc.description.abstractProses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif apabila seorang guru bisa menggunakan metode-metode yang bervariatif utamanya pada media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan mengenal globalisasi pada siswa kelas IV SDN Ajung 04 Kec. Kalisat Kab. Jember. Berdasarkan rendahnya hasil belajar mata pelajaran PKn SDN Ajung 04 disebabkan oleh beberapa faktor yaitu; metode pembelajaran yang kurang tepat dan masih belum efektif, penggunaan media pembelajaran yang sangat terbatas, sehingga pemahan konsep mata pelajaran PKn sulit dicerna oleh siswa. Salah satu cara untuk memecahkan masalah pada mata pelajaran PKn, guru harus berperan aktif dalam menciptakan metode-metode yang akan dipakai dalam proses belajar mengajar, contohnya penggunaan media yang lebih menarik seperti media gambar, hal ini bertujuan untuk menarik minat siswa melalui media gambar. Metode-metode tersebut dapat memberikan kesempatan lebih banyak terhadap siswa untuk lebih aktif dan dapat membangun motivasi belajar pada diri siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan media gambar mata pelajaran PKn pokok bahasan mengenal globalisasi pada siswa kelas IV SDN Ajung 04 Kec. Kalisat Kab. Jember Tahun Ajaran 2009/2010. pengambilan data dilaksanakan di SDN Ajung 04 Kec. Kalisat pada tanggal 3 April 2010 sampai tanggal 13 April 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20, terdiri atas 8 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa analisis jawaban siswa pada tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas IV. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu aktivitas belajar siswa 54 %, aktivitas kelompok 63 %, dan hasil tes formatif I 65 %. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 40 %. Hasil persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu aktivitas belajar siswa 93 %, aktivitas kelompok 88 %, dan hasil tes formatif II 83 %. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 85 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media gambar pada mata pelajaran PKn pokok bahasan mengenal globalisasi, siswa kelas IV SDN Ajung 04 telah banyak mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II dan telah mencapai SKM. Setelah diamati dan dikaji ternyata pembelajaran PKn melalui media gambar yang ditunjukkan dengan menggunakan proyektor, dapat menarik perhatian dan kemauan siswa untuk mempelajari PKn, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sesuai dengan SKM yang ditentukan oleh sekolah. Untuk itu disarankan supaya sekolah -sekolah dapat mengupayakan pengadaan media- media pembelajaran yang sesuai dengan era globalisasi saat ini. Suatu contoh : OHP, LCD Proyektor, Laptop, Kamera digital, Handycam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204346;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, media gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN MENGENAL GLOBALISASI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN AJUNG 04 KEC. KALISAT - KAB. JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record