Show simple item record

dc.contributor.authorSUGIYAMI
dc.date.accessioned2014-01-23T22:55:48Z
dc.date.available2014-01-23T22:55:48Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210274004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22651
dc.description.abstractSalah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, serta pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Guru dituntut untuk merancang pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal baik di dalam belajar mandiri maupun di dalam pembelajaran di kelas Pembelajaran matematika di tingkat dasar bertujuan sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru, dan bersifat verbal, sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) menelaah/menganalisis aktifitas siswa dalam pembelajaran skala melalui metode demonstrasi, (2)menelaah/menganalisis hasil belajar materi skala setelah melalui metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rowokangkung 03 Kelas VI yang berjumlah 22 siswa, yaitu 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 25 Pebruari 2010 sampai 15 Juni 2010, dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Rowokangkung kelas VI Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan metode metode demonstrasi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria aktif sebesar 64%; siklus II keaktifan siswa dengan kriteria sangat aktif sebesar 100%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 95% siswa dengan yang tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika materi skala dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa kelas VI SDN Rowokangkung 03 Rowokangkung – Lumajang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210274004;
dc.subjectHasil Belajar, Metode Demonstrasi, Skalaen_US
dc.titlePENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SKALA SISWA KELAS VI SDN ROWOKANGKUNG 03 LUMAJANG DENGAN METODE DEMONSTRASIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record