Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Disertai Media Audio Visual Pokok Bahasan Skala Pada Siswa Kelas 5 SDN Umbulsari 04 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010
Abstract
Pendidikan dapat mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan, baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Perkembangan ilmu dan teknologi juga membawa dampak yang sangat berarti dalam dunia pendidikan, karena mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan, harus ditemukan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas, yang lebih memberdayakan potensi siswa. Penggunaan dan pengaktifan media audio visual (video) di kelas, diharapkan dapat merangsang dan mempermudah pemahaman konsep-konsep matematika.
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk menelaah bagaimanakah aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan skala dengan menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio visual pada siswa kelas 5 SDN Umbulsari 04 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010, (2) untuk menelaah bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan skala dengan menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio visual pada siswa kelas 5 SDN Umbulsari 04 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010.
Pengambilan data dilaksanakan di SDN Umbulsari 04 mulai tanggal 09 Maret sampai 20 Maret 2010. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio visual pada siklus I dengan kriteria cukup aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 55,42% dan pada siklus II sebesar 67,08%, (2) pembelajaran matematika menggunakan metode diskusi kelompok disertai media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 45% dan siklus II secara klasikal sebesar 85% atau dapat dikatakan tuntas.