• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VI SDN GRAJAGAN 08 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    LUVICK JUDUL.pdf (105.1Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    LUVICK ELIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama ini pembelajaran dipandang sebagai kegiatan mentransfer pengetahuan dari pihak yang satu ke pihak yang lain yaitu siswa. Sementara itu guru dipandang sebagai sumber informasi yang mengetahui segalanya. Proses pembelajaran bukanlah hanya suatu kegiatan mentransfer pengetahuan saja melainkan untuk membelajarkan siswa bagaimana memperoleh dan memproses pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Pembelajaran PKn adalah suatu proses di mana lingkungan seseorang dikelola secara disengaja untuk memungkinkan siswa turut serta dalam tingkah laku tertentu, sehingga dalam kondisi-kondisi akan menghasilkan respon terhadap situasi tertentu juga. Pelajaran PKn merupakan salah satu pelajaran yang berkaitan langsung dengan kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn setelah diterapkannya model pembelajaran bermain peran pokok bahasan “Proses Demokrasi” kelas VI SDN Grajagan 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan di SDN Grajagan 08 Banyuwangi, metode penentuan lokasi penelitian dengan pursposive sampling area. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 26 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 17 orang dan perempuan 9 orang. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,28% dan siklus II sebesar 75,32%. Selisih antara siklus I dan siklus II sebesar 24,04%. Hasil belajar PKn siswa dapat mencapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 53,85%, siklus II sebesar 88,46%. Selisih ketuntasan hasil belajar antara siklus I dan siklus II sebesar 34,61%. Kesimpulannya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN Grajagan 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penerapan model bermain peran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, aktivitas belajar siswa kelas VI SDN Grajagan 08 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penerapan model bermain peran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dan hasil belajar PKn siswa kelas VI Semester genap SDN Grajagan 08 Banyuwangi dengan Penerapan model bermain peran pada pokok bahasan Proses Demokrasi dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM ≥ 65.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22593
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository