Show simple item record

dc.contributor.authorLukmanul Hakim
dc.date.accessioned2014-01-23T13:28:30Z
dc.date.available2014-01-23T13:28:30Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204227
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22592
dc.description.abstractPembelajaran IPA SD/MI merupakan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis untuk menguasai pengetahuan, fakta–fakta, konsep–konsep, prinsip–prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran IPA pra tindakan di kelas IV SD Negeri Bucor Kulon 01 oleh guru kelas menunjukkan bahwa: aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA menunjukkan 52% siswa aktif. Ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV pada pelaksanaan pra tindakan melalui post-test, 29 % siswa mendapatkan nilai lebih dari 60, secara klasikal siswa tersebut tidak tuntas. Sesuai dengan hakikat IPA yang menekankan agar siswa dapat berbuat, mengalami langsung, membuktikan dan menyimpulkan sendiri apa yang dilakukan, maka metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang cocok dalam proses belajar yang dapat melibatkan siswa untuk mengalami langsung materi yang disampaikan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan Ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Bucor Kulon 01 Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SD Negeri Bucor Kulon 01 Kabupaten Probolinggo, dimulai pada tanggal 01 April 2010 sampai tanggal 30 April 2010, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 anak, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan yaitu, 52% pra tindakan perbaikan, 62,1% pada tindakan perbaikan siklus I dan 76,2% pada tindakan perbaikan siklus II. Hasil tersebut termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan post-test, yaitu: 29% siswa mendapat nilai di atas 60 pada pra tindakan, 57% siswa mendapat nilai lebih dari 60 pada tindakan siklus I dan 71 % siswa mendapatkan nilai di atas 60 pada tindakan siklus II. Hal ini merupakan hasil yang sangat baik sehingga dapat dikatakan tuntas. Hasil persentase belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) yang telah ditentukan yaitu 70% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥60 dari skor maksimal 100 maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Bucor Kulon 01 Kabupaten Probolinggo telah tuntas dalam belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode eksperimen menunjukkan hasil yang meningkat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan mendapat respon yang positif bagi siswa karena siswa merasa mudah memahami dan mengerti terhadap materi yang telah diajarkan, metode yang digunakan, dirasa sangat membantu bagi guru kelas dan dengan adanya penelitian ini guru/lembaga merasa terbantu dengan adanya penelitian yang diadakan di SD Negeri Bucor Kulon 01 Kabupaten Probolinggo. Hal ini juga disebabkan karena penggunaan metode eksperimen sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap operasional kongkrit.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204227;
dc.subjectAktivitas, Ketuntasan Hasil Belajar, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUCOR KULON 01 TAHUN PELAJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record