PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN ISI DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU PADA SISWA KELAS I SDN BUJUR BARAT I KECAMATAN BATUMARMAR KABUPATEN PAMEKASAN 2009/2010
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan isi dongeng dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu pada siswa kelas I SDN Bujur Barat I Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan 2009/2010.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Bujur Barat I Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan 2009/2010 dengan jumlah siswa 37 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan tes esay yang dibuat peneliti sebanyak 10 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu, digunakan beberapa alat peraga dan data suparvisor.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas 28 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 75% berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 32 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 85% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran terpadu maka model pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.