PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III-A POKOK BAHASAN GERAK BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DI SDN JEMBER LOR 05 TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
Abstract
Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
IPA masih menggunakan metode konvensional dan jarang menggunakan media
belajar. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran cenderung
membosankan dan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari guru kepada siswa,
cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan terlihat hasil belajar
siswa yang masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran IPA melalui metode
eksperimen dengan media APE (Alat Permainan Edukatif) dapat memberikan
pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat
meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini
adalah : (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses
pemmbelajarana IPA pokok bahasan gerak benda melalui merode eksperimen dengan
media APE, (2) untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada
pokok bahasan gerak benda melalui metode eksperimen dengan media APE.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember.Subjek penelitian adalah siswa kelas III-a dengan jumlah 19 siswa
yagn terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan.Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus.Pada
siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data meliputi
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan
rumus : Pa =
100% dan E =
100.
Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa dipero