Tingkat Keterlibatan Orang Tua dalam Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bimbingan Belajar di Rumah Hubungannya dengan Prestasi Belajar IPA
Abstract
Kegiatan belajar di rumah tidak lepas dari peranan orang tua sebagai pihak yang turut bertanggung jawab atas masa depan mereka. Peran orang tua dalam mendidik anak di rumah harus dapat berjalan beriringan dengan pihak sekolah atau guru untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan prestasi belajar anak lebih optimal. Peran serta orang tua diantaranya pemenuhan fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua di rumah. Faktor-faktor diatas merupakan sebagian dari banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Tingkat Keterlibatan Orang Tua dalam Penyediaan Fasilitas Belajar dan Bimbingan Belajar di Rumah Hubungannya dengan Prestasi Belajar IPA (Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010).
Metode penentuan daerah yang digunakan adalah purposive yaitu siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember semester genap. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah propotional random sampling sebanyak 55 siswa, sedangkan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara tingkat keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 0,306 tergolong korelasi rendah atau dengan kata lain sebesar 30,6% keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar berhubungan dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010.
Berdasarkan hasil uji korelasi, terdapat hubungan antara tingkat keterlibatan dalam bimbingan belajar oleh orang tua dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 0,379 tergolong korelasi rendah atau dengan kata lain sebesar 37,9% keterlibatan orang tua dalam bimbingan belajar di rumah berhubungan dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Terdapat hubungan antara tingkat keterlibatan dalam penyediaan fasilitas belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010 sebesar 0,470 tergolong korelasi agak rendah atau dengan kata lain sebesar 47% keterlibatan orang tua dalam penyediaan fasilitas belajar dan bimbingan belajar di rumah berhubungan dengan prestasi belajar IPA Siswa MI Darussalam Kecamatan Sumberbaru Jember Tahun Pelajaran 2009/2010.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012
Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ... -
PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
HADRIANTI BADU (2014-01-29)Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...