PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERASOSIASI PAIKEM DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNNER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM SUB BAB MEMBACA TANDA WAKTU PADA SISWA KELAS III SDN KALIWATES 01 JEMBER
Abstract
Proses pembelajaran matematika di SDN kaliwates 01 Jember sering menggunakan pembelajaran guru sentris dimana siswa tidak diberi kesempatan untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menerapkan teori belajar Brunner. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menerapkan teori belajar Brunner kelas III semester 1 SDN Kaliwates 01 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN kaliwates 01 jember pada bulan November-Desember. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III.1 semester I tahun pelajaran 2009/2010, sebanyak 27 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema Hopskin dimana penelitian tindakan dilasanakan berupa proses yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap utama yaitu perencanaan, tindakan, menagamati dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk menghitung aktivitas siswa dan persentase ketuntasan menggunakan analisis deskripsi kuantitatif yaitu hanya berdasarkan nilai lembar kerja dan nilai tes formatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 54,20% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 64,35% . Peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,15%, sedangkan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,52% , siklus II meningkat menjadi 75,74% . Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 1,22%. Hasil belajar matematika siswa dapat mencapai ketuntasan sesuai kriteria ketuntasan minimal 65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 85,19%, siklus II meningkat menjadi 92,59%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,4%. Kesimpulan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kaliwates 01 kecamatan Kaliwates kabupaten Jember pada tahun pelajaran 2009/2010 dengan penerapan pembelajaran berasosiasi PAIKEM dengan menggunakan teori belajar Brunner mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.