Show simple item record

dc.contributor.authorMery Devi K
dc.date.accessioned2014-01-23T12:14:23Z
dc.date.available2014-01-23T12:14:23Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210193141
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22566
dc.description.abstractBelajar dapat diartikan sebagai proses komunikasi. Agar tidak terjadi kesalahan pada proses tersebut perlu digunakan sarana yang dapat membantu proses komunikasi yang disebut media. Selain media, perlu diperhatikan pula penggunaan metode pembelajaran yang nantinya akan memotivasi kegiatan siswa agar lebih aktif dan mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan harapan. Melihat sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar yang meliputi keaktifan dan hasil belajar siswa serta peran guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajar mengajar perlu dikembangkan suasana kondusif yang dapat menumbuhkan sikap aktif dan hasil belajar siswa yang memuaskan sesuai pendidikan karakter yang diharapkan oleh guru. Untuk itu pembelajaran dengan menggunakan media dan metode pembelajaran yang sesuai, khususnya media gambar dengan metode diskusi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal tersebut. Kelebihan yang ada pada penggunaan media pembelajaran berupa flip book dan metode pembelajaran Small Group Discussion memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, berkaitan dengan hal itu maka perlu di teliti pengaruh penggunaan media grafis berupa flip book dengan metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di 1 SMA Negeri 1 Prajekan, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan, dengan menggunakan metode survei untuk menggali data yang menggunakan diantaranya: angket, wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Data penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian setelah menggunakan media Flip Book dengan menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar ( sebagai indikator mayoritas peningkatan hasil belajar) yang diperoleh kelas kontrol (XI IPA 3) yaitu jumlah siswa dalam satu kelas 37, terdapat 12 siswa yang tuntas secara individual dan 25 siswa yang tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 32%. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen (XI IPA 2) yaitu jumlah siswa dalam satu kelas 39, terdapat 28 siswa yang tuntas secara individual, dan 11 siswa tidak tuntas, sehingga presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 72%. Berdasarkan analisis, besarnya aktifitas belajar siswa saat proses belajar mengajar di kelas kontrol, yaitu perhatian dalam penjelasan guru maupun teman di kelas mencapai nilai 60,26%walaupun terkadang terdapat siswa yang perhatian terhadap penjelasan berkurang; kemampuan atau keberanian bertanya, menjawab, serta berpendapat masing-masing mencapai nilai 38,5%; 37%; 11,25%. Kemampuan merangkum mencapai nilai 100%, kemampuan menganalisis gambar atau masalah mencapai nilai 18,25% dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran mencapai nilai 60,26%. Kriteria rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelas pada kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup aktif. Hasil analisis aktivitas belajar siswa pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas pada kelas eksperimen, yaitu perhatian terhadap penjelasan guru maupun teman di kelas mencapai nilai 67,09% walaupun terkadang terdapat siswa yang perhatian terhadap penjelasan berkurang; kemampuan atau keberanian bertanya, menjawab, serta berpendapat masing-masing mencapai nilai 72,25%; 64,25%; 30,75%. Kemampuan merangkum mencapai nilai 100%, kemampuan menganalisis gambar atau masalah mencapai nilai 100% dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran mencapai nilai 67,09%. Kriteria rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelas pada kelas kontrol termasuk dalam kategori aktif. Pembelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran Flip book menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion pokok bahasan struktur jaringan hewan di SMA Negeri 1 Prajekan kelas XI semester 1 tahun ajaran 2011/2012 sangat baik karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa. Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dan meningkatkan daya ingat siswa walaupun mereka kurang berminat untuk membaca buku pegangan. Pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dengan media pembelajaran flip book sangat baik dan dapat meningkatkan hasil belajar serta aktifitas siswa, hal ini dikarenakan dengan pembelajaran metode ini siswa mendapat perhatian secara individual baik dari guru maupun dari siswa lainnya. Pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dapat melatih tanggung jawab siswa karena siswa dituntut untuk menyelesaikan satu permasalahan, selain itu pembelajaran ini di kombinasikan dengan Flip book agar siswa mampu menganalisis permasalahan dan memiliki minat untuk membaca guna menambah pengetahuan dari berbagai macam sumber belajar. Pembahasan di atas menunjukkan bahwa pembelajaran biologi menggunakan media pembelajaran Flip book menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion dapat digunakan sebagai informasi dan alternative pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar biologi serta memperbaiki hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193141;
dc.subjectPengaruh Penggunaan Flip Book dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Small Group Discussionen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN FLIP BOOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KECAMATAN PRAJEKAN BONDOWOSO)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record