• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) DISERTAI LKS PADA SISWA KELAS XI IPA-2 SMA NEGERI KALISAT

    Thumbnail
    View/Open
    selie.pdf (89.49Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Selie Lumiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika saat ini sering mengalami kendala, diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang tepat, dan fisika dikeluhkan sebagai bidang studi yang menakutkan, dan seringkali tidak disukai oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kalisat, ditemukan bahwa hasil belajar rata-rata siswa kelas XI IPA-2 masih rendah. Berdasarkan data kelas dari 41 siswa 99 % mendapatkan skor ulangan harian di bawah 70 dan hanya 1% yang mencapai ketuntasan dan aktivitas belajarnya juga masih kurang. Data hasil observasi menunjukkan bahwa 48,78% siswa aktif menyumbangkan ide/gagasan untuk memecahkan masalah, 45,53% menjawab pertanyaan dan bekerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, 39,84% membuat kesimpulan dan membuat penjelasan mengenai pengetahuan yang baru. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) disertai LKS dalam meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri Kalisat semester genap tahun 2009/2010, (2) untuk mendeskripsikan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) disertai LKS dalam meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri Kalisat semester genap tahun 2009/2010. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kalisat. Model ini memiliki kelebihan yaitu membuat siswa lebih aktif, siswa lebih tertarik pada materi pelajaran, hasil evaluasi kognitif menjadi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Tahapan-tahapan dalam model ini melibatkan siswa dalam mengeksplorasi pengetahuan awalnya melalui LKS dan mengkonstruksi pengetahuan awal tersebut menjadi pengetahuan baru. Sesuai rumusan masalah, penelitian ini dilakukan di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kalisat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Untuk menentukan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pembelajaran pada pra siklus sampai dengan siklus 3 digunakan persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar belajarnya. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 61,78% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 dan siklus 3 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan berturut-turut 71,87% dan 86,18% dengan kategori aktif dan sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pra siklus adalah sebesar 24,39%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 75,61%, siklus 2 sebesar 78,04% dan pada siklus 3 sebesar 82,29%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sampai dengan siklus 3 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan model SIklus Belajar (Learning Cycle 5E) disertai LKS aktivitas belajar fisika siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kalisat mengalami peningkatan sebesar 86,18% dengan kategori sangat aktif; (2) Dengan menggunakan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) disertai LKS ketuntasan hasil belajar fisika siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kalisat mengalami peningkatan sebesar 82,29% dengan kategori tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22560
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository