UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) POKOK BAHASAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN MAKHLUK EKONOMI SISWA KELAS VII B SEMESTER GANJIL SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan portofolio pada mata pelajaran IPS ekonomi pokok bahasan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi tahun ajaran 2010/2011. Aktivitas belajar yang rendah pada mata pelajaran IPS ekonomi berdampak pada kurang efektifnya suatu pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Berbagai faktor yang mempengaruhi diantaranya, siswa tidak memiliki buku paket IPS ekonomi, siswa jarang menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru, siswa merasa pelajaran IPS ekonomi membosankan karena aktivitas siswa dalam proses pembelajaran hanya memperhatikan guru menerangkan, mendengarkan dan mencatat. Peran peserta didik di dalam proses belajar mengajar seharusnya berusaha secara aktif untuk mengembangkan dirinya di bawah bimbingan guru. Aktivitas siswa yang hanya memperhatikan guru menerangkan, mendengarkan, dan mencatat merupakan pembelajaran yang sudah seharusnya ditinggalkan.
Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang membentuk suatu interaksi timbal balik dan hidup antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Di samping itu diharapkan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas menjadi suatu kegiatan yang menarik bagi siswa, sehingga aktivitas belajar siswa tidak membosankan.
Penerapan portofolio dalam penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Penentuan subjek penelitian menggunakan populasi, yaitu kelas VII B dengan jumlag siswa sebanyak 42 siswa. sumber data primer diperoleh dari siswa kelas VII B dan guru IPS ekonomi, sedangkan data sekunder diperoleh dari kabag tata usaha. Desain dari penelitian ini adalah model spiral penelitian tindakan kelas Hopkins dengan menggunakan empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa. Sebelum tindakan, hasil dari aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran rendah dengan skor rata-rata seluruh aktivitas siswa sebesar 1,9. Setelah dilaksanakan penerapan portofolio pada siklus I, hasil dari aktivitas belajar siswa meningkat dari rendah menjadi sedang dengan skor rata-rata 2,8. Pada siklus II, hasil dari aktivitas belajar siswa meningkat lagi yaitu dari rendah menjadi tinggi dengan skor rata-rata 3,6. Hasil tersebut sudah mencapai target aktivitas belajar siswa yang ditentukan yaitu tinggi dengan skor rata-rata 3,6.
Peningkatan aktivitas belajar siswa, berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini tampak dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya selalu meningkat baik secara klasikal maupun individual. Pada saat sebelum tindakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 33,33%. Setelah diterapkan portofolio pada siklus I dan siklus II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 59,52% di siklus I, pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 80,95%.
Kesimpulan yang di dapat dari analisa data dan pembahasan adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Jember pada mata pelajaran IPS ekonomi pokok bahasan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi semester ganjil tahun ajaran 2010/2011.