Show simple item record

dc.contributor.authorErick Herdiansyah
dc.date.accessioned2014-01-23T10:03:14Z
dc.date.available2014-01-23T10:03:14Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM080210204173
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22520
dc.description.abstractMatematika memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak permasalahan dan kegiatan dalam kehidupan kita yang harus diselesaikan dengan menggunakan ilmu matematika. Menyadari akan peran penting matematika dalam kehidupan, maka matematika selayaknya merupakan suatu kegiatan belajar yang menyenangkan. Namun selama ini belajar matematika masih kurang diminati oleh siswa, bahkan belajar matematika seakan menakutkan bagi sebagian siswa. Matematika selalu dipandang sebagai pelajaran yang paling sulit mereka terima. Kurangnya minat siswa pada pelajaran matematika, akan sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam belajar matematika. Penyebab rendahnya nilai matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah interaksi guru dengan siswa. Berdasarkan analisis masalah, maka ada beberapa faktor penyebab yaitu sebagai berikut: Pertama, sumber belajar yang kurang lengkap dan memadai atau terbatas menyebabkan terhambatnya proses belajar mengajar. Kedua, penggunaan metode ceramah atau metode konvensional mendominasi pembelajaran matematika di kelas III SDN Darsono 02. Ketiga, adalah hubungan siswa dengan siswa dan siswa dengan guru yang kurang terjalin dengan harmonis. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mengupayakan keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu Team Accelerated Intruction (TAI). Tipe ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual, oleh karena itu kegiatan pembelajarannya lebih banyak digunakan untuk pemecahan masalah, Ciri khas pada tipe TAI ini adalah setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru. Hasil belajar individu disampaikan pada kelompokkelompok untuk didiskusikan dan saling dibahas oleh anggota kelompok, dan semua anggota kelompok bertanggung jawab atas keseluruhan jawaban sebagai tanggung jawab bersama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) yang dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Darsono 02 ?, (2) bagaimanakah aktivitas siswa pada saat mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction ( TAI ) di kelas III SDN Darsono 02 ?, (3) bagaimanakah peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction( TAI ) di kelas III SDN Darsono 02 ?Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darsono 02 kelas III, yang terdiri dari 24 siswa, 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil dari nilai ulangan harian. Pelaksanaan pembelajaran di kelas III dilaksanakan mulai tanggal 7 Februari 2011 sampai 16 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Darsono 02 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian aktivitas siswa dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang . Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas siswa mencapai 67% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 79,76%. Pertemuan II, analisis aktivitas siswa mencapai 83% dan hasil analisis tes individu siswa mencapai 87,5%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 79,76% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas III, sedangkan disiklus II sebagai kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%, sehingga peneliti menghentikan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Intruction (TAI). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan meningkatkan keterampilan dalam mengemukan pendapat antar sesama teman serta siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204173;
dc.subjectBelajar Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjangen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) SISWA KELAS III SDN DARSONO 02en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record