• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE 7.01 PADA MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN HARGA KESEIMBANGAN DI SMK NEGERI 04 JEMBER TAHUN AJARAN

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub 1 (295)_1_processed.pdf (1.175Mb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Entika Indrianawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran dan harga keseimbangan. Produk yang dikembangkan adalah multimedia interaktif dengan Macromedia Authorware 7.01, dikemas dalam bentuk CD dilengkapi dengan manual multimedia interaktif dan bahan ajar mata pelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran dan harga keseimbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas, efisiensi, dan daya tarik penggunaan multimedia interaktif dengan Macromedia Authorware 7.01 dalam pembelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran dan harga keseimbangan. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran dan harga keseimbangan di kelas X Tata Niaga SMK Negeri 4 Jember. Penelitian dilaksanakan dengan didahului kegiatan (1) Pendahuluan, yaitu melakukan studi pustaka, analisis kebutuhan kepada siswa dan guru mata pelajaran IPS kelas X Tata Niaga terhadap multimedia interaktif yang akan dikembangkan, dan menyusun draf produk; (2) pengembangan melalui kegiatan uji coba kelompok terbatas dan lebih luas yang masing-masing dilaksanakan dalam dua tahap. Uji Produk yang dilaksanakan secara eksperimental bersamaan dengan tahap pengembangan, yang sebelumnya multimedia interaktif sudah divalidasi oleh tim ahli. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X Tata Niaga 1, dan X Tata Niaga 2. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas X Tata Niaga 2, sedangkan sampel untuk kelas kontrol yaitu siswa kelas X Tata Niaga 1.Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data dianalisis secara eksperimental dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas multimedia interaktif dalam mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil observasi sikap siswa terhadap multimedia interaktif yang diperoleh rata-rata 84,06%, secara proses penggunaan multimedia interaktif mununjukkan baik. Selain itu juga melalui hasil uji t (t-test), pada uji coba kelompok lebih luas, diperoleh nilai t hitung 2,329 > dari t table 1,996, sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kelompok kontrol dan eksperimen memberikan hasil yang berbeda nyata. Efisiensi multimedia interaktif dalam mencapai tujuan pembelajaran terkait dengan alokasi waktu yang digunakan dan hasil yang dicapai. Pada uji coba kelompok terbatas dan lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu pada kelompok eksperimen sebanyak 3 pertemuan (6×45 menit), sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 5 pertemuan (10×45 menit) dengan ratarata nilai post tes pada kelompok eksperimen sebesar 89.264, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 84.264. Dengan demikian, multimedia interaktif yang dikembangkan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran. Daya tarik ditentukan berdasarkan indikator multimedia interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan hasil respon siswa, diketahui bahwa rata-rata persentase kemenarikan media sebesar 80,48%, artinya berada dalam katagori baik atau memiliki kemenarikan. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki daya tarik bagi siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif dengan Macromedia Authorware 7.01 yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan layak digunakan, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran serta memiliki daya tarik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22491
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository