PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE 7.01 PADA MATA PELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN HARGA KESEIMBANGAN DI SMK NEGERI 04 JEMBER TAHUN AJARAN
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dalam
pembelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran dan harga keseimbangan.
Produk yang dikembangkan adalah multimedia interaktif dengan Macromedia
Authorware 7.01, dikemas dalam bentuk CD dilengkapi dengan manual multimedia
interaktif dan bahan ajar mata pelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran
dan harga keseimbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas,
efisiensi, dan daya tarik penggunaan multimedia interaktif dengan Macromedia
Authorware 7.01 dalam pembelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran
dan harga keseimbangan.
Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran IPS kompetensi dasar
permintaan, penawaran dan harga keseimbangan di kelas X Tata Niaga SMK Negeri
4 Jember. Penelitian dilaksanakan dengan didahului kegiatan (1) Pendahuluan, yaitu
melakukan studi pustaka, analisis kebutuhan kepada siswa dan guru mata pelajaran
IPS kelas X Tata Niaga terhadap multimedia interaktif yang akan dikembangkan, dan
menyusun draf produk; (2) pengembangan melalui kegiatan uji coba kelompok
terbatas dan lebih luas yang masing-masing dilaksanakan dalam dua tahap. Uji
Produk yang dilaksanakan secara eksperimental bersamaan dengan tahap
pengembangan, yang sebelumnya multimedia interaktif sudah divalidasi oleh tim
ahli. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X Tata Niaga 1, dan X Tata
Niaga 2. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas X Tata
Niaga 2, sedangkan sampel untuk kelas kontrol yaitu siswa kelas X Tata Niaga 1.Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara,
observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini, yaitu data dianalisis secara eksperimental dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas multimedia interaktif dalam
mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil observasi sikap
siswa terhadap multimedia interaktif yang diperoleh rata-rata 84,06%, secara proses
penggunaan multimedia interaktif mununjukkan baik. Selain itu juga melalui hasil uji
t (t-test), pada uji coba kelompok lebih luas, diperoleh nilai t hitung 2,329 > dari t
table 1,996, sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kelompok kontrol
dan eksperimen memberikan hasil yang berbeda nyata.
Efisiensi multimedia interaktif dalam mencapai tujuan pembelajaran terkait
dengan alokasi waktu yang digunakan dan hasil yang dicapai. Pada uji coba
kelompok terbatas dan lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang
digunakan, yaitu pada kelompok eksperimen sebanyak 3 pertemuan (6×45 menit),
sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 5 pertemuan (10×45 menit) dengan ratarata
nilai post tes pada kelompok eksperimen sebesar 89.264, sedangkan pada
kelompok kontrol sebesar 84.264. Dengan demikian, multimedia interaktif yang
dikembangkan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Daya tarik ditentukan berdasarkan indikator multimedia interaktif yang
dikembangkan. Berdasarkan hasil respon siswa, diketahui bahwa rata-rata persentase
kemenarikan media sebesar 80,48%, artinya berada dalam katagori baik atau
memiliki kemenarikan. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang
dikembangkan memiliki daya tarik bagi siswa.
Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa multimedia
interaktif dengan Macromedia Authorware 7.01 yang dikembangkan pada mata
pelajaran IPS kompetensi dasar permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan
layak digunakan, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran serta
memiliki daya tarik.