Show simple item record

dc.contributor.authorEni Rinayati
dc.date.accessioned2014-01-23T09:13:32Z
dc.date.available2014-01-23T09:13:32Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM070210204275
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22484
dc.description.abstractPembelajaran matematika secara konvensional terutama penggunaan metode ceramah dalam proses belajar-mengajar yang tidak disertai dengan media pembelajaran, menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam pembelajaran matematika, yang akhirnya berdampak pada anggapan materi matematika terkesan sulit dan membosankan. Karena selama pembelajaran berlangsung guru kurang mendorong siswa untuk aktif, siswa hanya sebagai pendengar saja, siswa hanya duduk tenang di bangku, mendengarkan serta menyerap dan menyimpan informasi, kemudian mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan guru. Siswa tidak diajak untuk mengamati dan mencoba mempraktekkan masalah pembagian dengan benda-benda konkrit sehingga aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar cenderung pasif. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan dan membuat siswa malas belajar sehingga kegiatan pembelajaran tidak menarik untuk diikuti. Untuk mengatasi masalah di atas maka perlu dilakukan upaya penerapan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Mempertimbangkan rendahnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar dan kurang menariknya metode pembelajaran yang dipakai selama ini, maka salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengkaji pelaksanaan metode demonstrasi pada pokok bahasan pembagian di kelas 2 SDN 1 Wringinrejo Kecamatan Gambiran-Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2009/2010. 2) untuk mengkaji aktivitas belajar siswa di kelas 2 SDN 1 Wringinrejo Kecamatan Gambiran- Kabupaten Banyuwangi pada pokok bahasan pembagian melalui metode demonstrasi. 3) untuk mengkaji hasil belajar yang dicapai siswa kelas 2 SDN 1 Wringinrejo Kecamatan Gambiran-Kabupaten Banyuwangi pada pokok bahasan pembagian melalui metode demonstrasi. Penelitian dilaksanakan di SDN 1 Wringinrejo Kecamatan Gambiran- Kabupaten Banyuwangi mulai tanggal 01 Maret 2010 sampai dengan 13 Maret 2010, di kelas 2 yang berjumlah 32 siswa, 17 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Siswa di bagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes formatif. Pada siklus I rata- rata persentase aktivitas siswa adalah B yakni cukup aktif dan tes formatif mencapai 73,91%. Pada siklus II rata- rata persentase aktivitas siswa adalah A yakni aktif dan tes formatif mencapai 82,03%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi pembagian. Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Matematika terbukti membuat siswa semangat, aktif serta mampu meningkatkan interaksi dan kerjasama antar siswa selama pembelajaran. Meningkatnya aktivitas siswa selama pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang tinggi selama pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204275;
dc.subjectUpaya Meningkatkan Hasil Belajaren_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SDN 1 WRINGINREJO KEC. GAMBIRAN KAB. BANYUWANGI PADA POKOK BAHASAN PEMBAGIAN MELALUI METODE DEMONSTRASI TAHUN PELAJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record