Show simple item record

dc.contributor.authorENI PUSPITASARI
dc.date.accessioned2014-01-23T09:11:14Z
dc.date.available2014-01-23T09:11:14Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM040210102029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22483
dc.description.abstractPerkembangan pendidikan di Indonesia akan selalu mengalami perubahan dan pembaharuan. Dalam pembaharuan pendidikan ada tiga komponen yang perlu disoroti salah satunya adalah pembaharuan metode pembelajaran. Salah satu solusinya menjanjikan adalah model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op yang dilandasi pandangan konstruktivisme sosial. Dalam pembelajaran siswa ditempatkan dalam tim untuk bekerjasama antara satu dengan yang lainnya dalam mempelajari sebuah topik di kelas. Co-op Co-op memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang diri siswa dan dunia, dan memberikan siswa kesempatan untuk saling berbagi dengan siswa lainnya dalam satu kelas. Dengan menyelesaikan topik secara bersama-sama dalam satu kelompok siswa tidak merasa jenuh dengan pelajaran fisika dan juga dapat menumbuhkan rasa solidaritas sesama teman. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu; (1) Apakah penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP?, (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op? Secara umum tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Jember, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VII. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelompok siswa yang menerima pembelajaran fisika dengan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan Random pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dari hasil analisis uji beda hasil belajar diperoleh ttes = 3,47, ttabel = 1,995 (ttes > ttabel) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op dengan pembelajaran konvensional di SMP. Dari hasil analisis juga diketahui perbedaan beda mean skor pre-test dan post-test dari kedua kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen (VII E) sebesar 27,74 dan kelas kontrol (VII D) sebesar 18,61 Beda mean tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sehingga penggunaan model cooperative learning tipe co-op co-op berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op secara klasikal sebesar 72,37%, yang termasuk pada kategori aktif. Dari hasil wawancara dengan siswa, diketahui lebih tertarik dengan pembelajaran model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op daripada pembelajaran model konvensional dan bersifat mendukung untuk tercapainya hasil belajar yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP; (2) Aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op tergolong aktifen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102029;
dc.subjectPenggunaan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Open_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record